nusabali

Elkan Baggott Karantina Covid-19, Shin Tae-yong: Lawan Vietnam Terganggu ‘Hal Tak Diinginkan’

  • www.nusabali.com-elkan-baggott-karantina-covid-19-shin-tae-yong-lawan-vietnam-terganggu-hal-tak-diinginkan

SINGAPURA, NusaBali.com – Kabar mengejutkan datang dari Timnas Indonesia yang bersiap meghadapi Vietnam pada Rabu (15/12/2021). Bek tangguh Elkan Baggott disebut-sebut tidak bisa diturunkan.

Penyebabnya adalah Elkan Baggott harus masuk tempat karantina Covid-19 di Singapura lantaran dalam perjalanan dari Inggris berada satu pesawat dengan penumpang yang diketahui positif Covid-19.

Jika memang defender Timnas asal Ipswich FC ini menjalani karantina, maka akan menjadi kerugian besar bagi Indonesia. Elkan Baggot bukan hanya membuat pertahanan Indonesia sulit ditembus lawan, namun pemain berusia 19 tahun ini juga memberi ancaman berbahaya lawan saat Timnas mendapat sepak pojok.

Elkan baru diturunkan Timnas di babak II saat menghadapi Laos dengan kemenangan 5-1 pada Minggu (12/12/2021). Netizen Indonesia pun tak puas jika sampai Elkan Baggott dikarantina. Mereka membandingkan pemain Timnas Malaysia yang tetap diperbolehkan tampil walaupun rekan setimnya ada yang positif Covid. 

Menanggapi kabar ini, PSSI sampai Selasa (14/12/2021) sore belum memberi konfirmasi kebenaran kabar tersebut. Hanya saja pelatih Shin Tae-yong yang menyatakan bahwa persiapan skuadnya untuk menghadapi Vietnam dalam lanjutan Grup B Piala AFF 2020 terganggu ‘hal yang tak diinginkan’.

"Kalau tak ada hal itu, persiapan kami akan berjalan lancar," ujar Shin dalam konferensi pers virtual, Selasa (14/12/2021).

Meski demikian, juru taktik asal Korea Selatan tersebut enggan memberi tahu persoalan apa yang tengah menimpa skuad Garuda.

Ketika pewarta menanyakan apakah ada hubungan dengan penyebaran Covid-19, seperti yang dialami Malaysia, Shin bergeming dan menolak membahasnya.

"Saya akan memaparkan semuanya besok dalam konferensi pers sesudah pertandingan," tutur pria berusia 51 tahun itu.

Terlepas dari gangguan yang dirasakan skuandnya, Shin Tae-yong tetap optimistis dengan kualitas anak-anak asuhnya untuk menaklukkan Vietnam.

Vietnam, kata pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu, bisa jadi tim terkuat di Piala AFF 2020 tetapi bukan tidak mungkin dikalahkan.

"Saya melihat performa pemain semakin baik dan mungkin para suporter juga demikian. Saya percaya pemain menikmati laga besok," kata Shin.

Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam di Stadion Bishan, Singapura, pukul 20.30 waktu setempat.

Vietnam nyaris selalu menjadi momok bagi Timnas Indonesia sejak lebih dari dua dekade. Bahkan, mulai tahun 2012, Indonesia hanya menorehkan sekali kemenangan atas Vietnam.

Dalam dua tahun terakhir, di level senior, Indonesia selalu kalah dari Vietnam tepatnya ketika bertanding pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Dua kali bersua, Indonesia takluk 1-3 dan 0-4.

Di Grup B Piala AFF 2020, Indonesia dan Vietnam sama-sama mengoleksi enam poin dari dua laga. Vietnam berpoin sama, tetapi duduk di posisi kedua lantaran kalah selisih gol.

Malaysia bertengger di tempat ketiga dengan enam poin dari tiga pertandingan, lalu berturut-turut ada Kamboja dan Laos di posisi keempat serta kelima dengan nirpoin. *ant, mao

Komentar