nusabali

Arta Sedana dan Wedasmara Raih Skor Teratas

Hasil Seleksi 8 Jabatan Eselon II Pemkab Karangasem Diumumkan

  • www.nusabali.com-arta-sedana-dan-wedasmara-raih-skor-teratas

Setelah ditetapkan tiga (3) besar berdasarkan rangking skor pada masing-masing jabatan yang diperebutkan, kemudian dipilih salah satunya oleh Bupati.

AMLAPURA, NusaBali

Berakhir sudah proses lelang (seleksi terbuka) 8 kursi jabatan Eselon II Pemkab Karangasem. Panitia Seleksi (Pansel) yang diketuai Sekda Kabupaten Karangasem, I Ketut Sedana Merta menetapkan tiga (3) besar pada masing-masing jabatan yang diperebutkan untuk kemudian dipilih salah satunya oleh Bupati. Tiga besar hasil lelang jabatan ini telah diumumkan Pansel, Jumat (10/12) lalu.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karangasem, I Gusti Gede Rinceg ditemui di ruang kerjanya, Jalan Untung Surapati Amlapura, Senin (13/12) mengatakan pengumuman lelang delapan jabatan eselon II ini tertuang dalam SK Pansel Nomor 14/Pansel-JPT/2021 per 10 Desember 2021, ditandatangani Ketua Pansel I Ketut Sedana Merta. Tercatat skor tertinggi Kabag Organisasi Setdakab Karangasem I Ketut Arta Sedana yang melamar sebagai Kasat Pol PP dan Kabag Administrasi Pembangunan Setdakab Karangasem, Wedasmara yang melamar jadi Kadis PUPR masing-masing raih skor 84,09.

Saingan Arta Sedana adalah I Gede Sukanta Winaya Inspektur Pembantu Wilayah III pada Inspektorat Daerah dengan skor 79,70 dan Tjokorda Made Surya Darma yang kini menjabat Sekretaris Dinas Perhubungan dengan skor 79,26.

Sedangkan saingan Wedasmara, I Made Wiguna, yang kini menjabat sebagai Kabid Sumber Daya Air Dinas PUPR dengan skor 78,69 dan I Gede Sutama menjabat sebagai Kabid Perumahan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dengan skor 77,38.

Sedangkan untuk lelang jabatan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, ranking teratas I Ketut Mertadina yang kini menjabat Kabag Fasilitasi Penganggaran dan Pengawasan Sekretariat DPRD Karangasem, dengan skor 83,12. Mertadina mengungguli I Nyoman Swenegara yang kini menjabat Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) skor 80,22, dan Putu Eddy Surya Artha yang masih menjabat Kabid Perbendaharaan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah skor 79,52.

Sedangkan lelang jabatan Kepala Dinas Perhubungan, I Made Agus Budiyasa yang menjabat Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab Karangasem meraih skor tertinggi 82,84. Budiyasa unggul tipis atas I Gusti Bagus Budiadnyana yang menjabat sebagai Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan skor 81,91 dan I Nyoman Adi Sudana yang menjabat Kabid Pengelolaan BMD Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah skor 80,12.

Sebaliknya untuk lelang jabatan Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, pelamar I  Made Sudiartha yang masih menjabat Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik meraih skor 82,44.

Sugiartha bersaing ketat dengan Cokorda Alit Surya Prabawa yang kini menjabat Camat Karangasem skor 82,00 dan I Nyoman Alex Mertha Edi yang menjabat Kabid Hubungan Industrial dan Perlindungan Tenaga Kerja Dinas Ketenagakerjaan dengan skor 80,84.

Sedangkan tiga jabatan eselon II lainnya, untuk lelang jabatan Kadis Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan, pelamar I Gede Loka Santika yang masih menjabat Sekdis Perindustrian dan Perdagangan meraih skor 83,86. Loka Santika unggul atas pelamar satu-satunya wanita Ni Made Laba Dwikarini yang masih menjabat Kabid Ketersediaan Distribusi dan Kerawanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan skor 83,60 dan I Made Hadi Susila Kabag Ekonomi Setdakab Karangasem skor 81,61.

Jabatan eselon II lainnya, untuk lelang Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil skor tertinggi diraih I Made Kusuma Negara, yang kini Sekdis Dukcapil skor 83,11, di atas pesaingnya Artha Negara yang menjabat Kabid Kebersihan dan Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman skor 79,97 dan I Gusti Made Sudiana Kabid Sumber Daya Satpol PP  dengan skor 76,64.

Satu lagi lelang jabatan Kepala Pelaksana BPBD, pelamar Ida Bagus Ketut Arimbawa yang kini menjabat Sekretaris BPBD meraih skor tertinggi skor 83,33. Dua camat sebagai pesaingnya, Camat Manggis Ida Nyoman Astawa skor 78,50 dan Camat Abang Ida Bagus Eka Ananta Wijaya skor 77,74.

Tim Seleksi yang dikoordinasikan Sekda Sedana Merta dari unsur birokrasi, selama menggelar tes wawancara dan presentasi, didampingi unsur akademisi I Made Minggu Widiantara dari Universitas Warmadewa Denpasar dan dari unsur profesional I Gede Adnya Muliadi.

"Saya meraih skor tertinggi kan akumulasi dari hasil tes CAT, wawancara, analisis masalah dan kompetensi. Semua itu sistem yang mengatur," jelas Ida Bagus Ketut Arimbawa, pelamar Kalak BPBD saat diwawancarai, Senin kemarin.

Hal serupa diungkapkan Agus Budiyasa yang melamar sebagai calon Kadis Perhubungan Karangasem. Dia juga mengatakan, nilai tertinggi diraihnya setelah optimal mengikuti lima item test. "Saya bersaing secara fight, ada lima item penilaian, nilainya diakumulasikan," jelas Agus Budiyasa pelamar Kadis Perhubungan yang kini menjabat Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab Karangasem ini. *k16

Komentar