nusabali

Gianyar Tercepat II Penyaluran Dana Desa 2021

  • www.nusabali.com-gianyar-tercepat-ii-penyaluran-dana-desa-2021

GIANYAR, NusaBali
Pemkab Gianyar meraih penghargaan posisi ke-2 se-Bali dalam Penyaluran Dana Desa Tercepat Tahun 2021 dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali, Kementerian Keuangan RI.

Penyerahan piagam penghargaan diterima Sekda Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya, mewakili Bupati Gianyar, didampingi Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Gianyar Dewa Ngakan Ngurah Adi di halaman belakang Kantor Bupati Gianyar, Senin (13/12).

Kadis PMD Gianyar Dewa Ngakan Ngurah Adi mengatakan Pemkab Gianyar telah menyalurkan Dana Desa 2021 secara tuntas kepada 64 desa di Gianyar pada Oktober 2021. Total dana sebesar Rp 65 miliar. Kecepatan penyaluran dana desa ke masing-masing desa tergantung pada kecepatan pihak desa dalam melengkapi dokumen pengamprahan. Menurutnya, perbekel dan aparat desa di Kabupaten Gianyar sangat cepat dan sigap dalam penyerapan dana desa sehingga tidak ada kendala. ‘’Sebab jika tahap I saja mereka tidak bisa merealisasikannya maka dipastikan tahap selanjutnya juga tidak bisa direalisasikan sehingga dana tersebut tidak terserap dan kembali ke kas negara," jelas Ngakan Adi.

Sekda Wisnu Wijaya mengatakan, penghargaan yang didapat ini tidak lepas dari kerja sama yang baik antara OPD terkait dengan semua perbekel. Menurutnya, kepemimpinan Bupati Gianyar Made Mahayatra selalu menekankan bahwa pengelolaan keuangan khususnya dana desa harus dikelola dengan transparan, akuntabel, efisien dan tepat waktu. Ketepatan waktu dalam pengamprahan dana desa, semua telah disiapkan jauh sebelumnya. Seperti pengamprahan tahun 2022 persyaratannya telah disiapkan Desember 2021. ‘’Sehingga Januari 2022 dana desa sudah ditransfer ke rekening desa, sehingga desa dapat memanfaatkan dana tersebut sesuai rencana," jelas sekda asal Lingkungan Senguan Kangin, Kelurahan/Kecamatan Gianyar ini.

Sebelumnya Pemkab Gianyar juga meraih penghargaan terkait pengelolaan dana desa, yaitu ranking 2 se-Bali Pengelolaan Dana Desa 2019 dan juara 1 se-Bali Pengelolaan Dana Desa 2020. Pengelolaan dana desa terkait dengan penyaluran dan pemanfaatannya. Penghargaan Pengelolaan Dana Desa mulai diselenggarakan semenjak tahun 2019. Penghargaan Kecepatan Penyaluran Dana Desa baru diselenggarakan tahun ini, dimana Pemkab Gianyar meraih ranking 2, ranking 1 diraih Kabupaten Badung, dan ranking 3 diraih Kabupaten Tabanan.*nvi

Komentar