nusabali

Menhub Minta Ramp Check Pesawat Diperketat

  • www.nusabali.com-menhub-minta-ramp-check-pesawat-diperketat

JAKARTA, NusaBali
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menginstruksikan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara melakukan pengecekan kelaikan pesawat (ramp check) secara masif untuk persiapan menghadapi masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Kegiatan ramp check merupakan salah satu upaya untuk menegakkan keselamatan. Karena dalam transportasi, aspek keselamatan adalah yang utama," ujarnya dalam siaran pers, seperti dilansir kontan.co.id Sabtu (11/12).

Menhub mengatakan, pada masa libur Nataru ada kecenderungan jumlah penumpang akan naik. Di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, terdapat 700 pergerakan pesawat take off (terbang) dan landing (mendarat) per hari dan tercatat sudah sekitar 4.000 orang penumpang datang dari luar negeri.

Ia juga meminta seluruh pemangku kepentingan di sektor penerbangan, meliputi otoritas bandara, operator bandara, maskapai, lembaga navigasi penerbangan, Bea Cukai, Imigrasi, Karantina, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kemenkes, Satgas, TNI, Polri memastikan pengetatan protokol kesehatan berjalan dengan baik.

Hal itu penting dilakukan untuk mencegah penyebaran dan meningkatnya kasus Covid-19 usai libur Nataru.

"Pastikan mereka yang berangkat sudah dua kali vaksin, membawa hasil negatif tes antigen, menggunakan aplikasi Peduli Lindungi, memakai masker, menjaga jarak, dan mengikuti ketentuan prokes yang lainnya," kata Budi Karya.

Terkait dengan antisipasi meningkatnya jumlah penumpang kedatangan internasional, Menhub menilai perlu dilakukan antisipasi untuk menambah tempat karantina agar tidak terjadi penumpukan penumpang. *

Komentar