nusabali

NasDem Targetkan 1 Kursi DPR RI Dapil Bali di 2024

Cengkraman PDIP Masih Sangat Kuat

  • www.nusabali.com-nasdem-targetkan-1-kursi-dpr-ri-dapil-bali-di-2024

DENPASAR, NusaBali
Dominasi PDIP masih menjadi momok menakutkan bagi partai-partai peserta Pileg 2024.

Karenanya, partai lain tak berani pasang target muluk-muluk dalam Pileg 2024. NasDem, misalnya, hanya berani pasang target curu 1 kursi DPR RI Dapil Bali, meskipun telah lakukan rekrutmen kader jelang Pileg 2024.

Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW NasDem Bali, AA Ngurah Gede Widiada, mengatakan partainya berpikir realistis dalam pasang target kursi di ajang Pileg 2024. Menurut Gung Widiada, kalau urusan target politik, semua tergantung perkembangan situasi.

"Politik itu hitungannya detik per detik. Kita tahu dirilah, di Bali siapa yang berkuasa, termasuk di kabupaten/kota? Menghadapi partai pemenang (PDIP, Red) tentunya hal yang tidak mudah," ujar Gung Widiada di sela-sela persiapan menyambut Rakorwil DPW NasDem Bali di kediamannya di Puri Peguyangan, Denpasar Utara, Minggu (12/12).

Gung Widiada menegaskan, soal target kursi di masing-masing jenjang legislatif, partainya tidak mau muluk-muluk. Target yang dipasang realistis saja, karena sadar cengkraman kompetitor sepereti PDIP masih sangat kuat, apalagi di Kota Denpasar.

Untuk kursi DPRD Denpasar, kata Gung Widiada, NasDem pasang target bisa mempertahankan 3 kursi legislatig yang direbutnya dalam Pileg 2019 lalu. Raihan 3 kursi DPRD Denpasar sudah cukup bagus. “Memang lebih baguys laku bisa tambah kursi, sehingga bisa membentuk Fraksi NasDem di DPRD Denpasar nanti, agar lebih maksimal memperjuangkan kepentingan masyarakat," tandas mantan Wakil Ketua DPRD Denpasar 2009-2014 dari Fraksi Golkar ini.

Kemudian, untuk kursi DPRD Bali NasDem Dapil Denpasar, kata Gung Widiada, partainya pasang target bisa mencuri 1 kursi. Selain tambahan kursi dari Dapil Denpasar, NasDem juga berharap bisa pertahankan 1 kursi DPRD Bali Dapil Karangasem dan 1 kursi DPRD Bali Dapil Buleleng di Pileg 2024 mendatang.

Berdasarkan hasil Pileg 2019 lalu, NasDem hanya berhasil raih 2 kursi DPRD Bali, masing-masing dari Dapil Karangasem dan Dapil Buleleng. Untuk Dapil Karangasem, kursi DPRD Bali direbut Wayan Lari Subali. Untuk Dapil Buleleng, kursi DPRD Bali direbut Dr Somvir. Bandingkan dengan PDIP, yang kuasai 33 kursi dari total 55 kursi DPRD Bali hasil Pileg 2019.

"Nah, dalam Pileg 2024 nanti, syukur-syukur kita bisa curi satu kursi DPRD Bali dari Dapil Denpasar. Melihat kekuatan lawan politik yang sudah mendominasi di Denpasar, perlu perjuangan keras-lah. Saya bukan pesimis, tetapi berpikir realistis," tandas mantan Ketua DPD NasDem Denpasar ini.

Sedangkan untuk kursi DPR RI Dapil Bali dalam Pileg 2024, menurut Gung Widiada, NasDem pasang target bisa merebut 1 kursi. Itu dianggap target realistis, karena NasDem juga paham perjuangan di Pileg 2019 sangat susah mencuri kursi DPR RI Dapil Bali.

Sekadar dicatat, dalam Pileg 2019 lalu, PDIP mendominasi 6 dari total 9 kursi DPR RI Dapil Bali. PDIP hanya menyisakan 2 kursi untuk Golkar dan 1 kursi untuk Demokrat. Menghadapi Pileg 2024, NasDem akan berjuang keras agar bisa curi 1 kursi DPR RI Dapil Bali.

“Dengan bergabungnya sejumlah kader baru dan tokoh masyarakat, kita berharap bisa mewujudkan target di Pileg 2024 mendatang,” harap politisi yang sempat maju tarung sebagai Calon Walikota Denpasar yang diusung Golkar dalam Pilkada Denpasar 2005 ini.

Menurut Gung Widiada, seluruh target sasaran untuk Pileg 2024 mendatang akan dibahas dalam Rakorwil NasDem Bali di Kuta, Badung, Senin (13/12) ini. Rakorwil tersebut akan dipimpin langsung Ketua DPW NasDem Bali, Julie Sutrisno Laiskodat. *nat

Komentar