nusabali

Gulung Laos 5-1, Shin Tae-yong: Persiapan Lebih Baik

  • www.nusabali.com-gulung-laos-5-1-shin-tae-yong-persiapan-lebih-baik

SINGAPURA, NusaBali.com – Timnas Indonesia menggilas Laos 5-1 pada laga Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, Minggu (12/12/2021). Hasil ini membuat Indonesia berada di posisi kedua di bawah Vietnam yang menggulung Malaysia 3-0.

Pada laga itu, lima gol Indonesia dilesakkan Asnawi Mangkualam Bahar melalui titik putih pada menit ke-23. Irfan Jaya 35’, Witan Sulaiman 56’, Ezra Wallian 77’ dan kapten Evan Dimas 84’. Sedangkan satu-satunya gol Laos dilesakkan Kydavone Souvanny, 41’.

Indonesia mendominasi pertandingan sejak menit pertama. Namun, Laos yang mengandalkan serangan balik tampil disiplin di lini pertahanan. Berkali-kali mengancam wilayah lawan, Indonesia akhirnya melesakkan gol pada menit ke-23 via tendangan penalti Asnawi Mangkualam.

Tendangan 12 pas diberikan wasit setelah Alfeandra Dewangga dilanggar Kydavone Souvanny di kotak terlarang.

Unggul 1-0, anak-anak asuh Shin Tae-yong meningkatkan intensitas serangan. Strategi berbuah hasil dengan hadirnya gol Irfan Jaya pada menit ke-34.

Irfan sukses memanfaatkan umpan silang dari sisi kanan Indonesia dengan melesakkan bola ke gawang lawan dari jarak dekat.

Tertinggal 0-2, Laos seperti tersentak dan tampil lebih menggigit. Lewat satu skema serangan balik, tim asuhan pelatih Vengadasalam Selvaraj berhasil memperkecil jarak skor pada menit ke-41.

Kydavone Souvanny membuat gol dengan tendangan keras dari ruang kosong di dalam kotak penalti Indonesia. Skor 2-1 untuk keunggulan Indonesia pun menjadi penutup babak pertama.

Usai jeda, Shin memasukkan pemain menyerang seperti Witan Sulaeman dan Ezra Walian. Elkan Baggott pun merumput untuk memperkuat pertahanan. Hasilnya, Witan menambah gol Indonesia pada menit ke-56 dengan assist dari Irfan Jaya.

Witan kemudian membuat assist untuk gol Ezra Walian pada menit ke-77. Gol kelima datang dari Evan Dimas pada menit ke-84 setelah mendapatkan operan matang dari Alfeandra Dewangga. Itu menjadi gol kedua Evan di Piala AFF 2020.

Pelatih Shin Tae-yong menegaskan bahwa persiapan yang baiklah yang menghasilkan kemenangan besar 5-1 atas Laos. "Kami sudah mempersiapkan diri dengan baik untuk laga melawan Laos," kata Shin.

Juru taktik asal Korea Selatan itu pun berterima kasih atas penampilan anak-anak asuhnya kontra Laos yang dinilainya bagus. Setiap pemain, menurut Shin, menunjukkan bahwa mereka sudah bekerja keras dan menjaga kepercayaan yang diberikan.

Evan Dimas dan kawan-kawan menunjukkan perbaikan performa setelah laga kontra Kamboja, Kamis (9/12/2021), dianggap buruk oleh Shin meski skuad Garuda menang 4-2.

"Saya selalu percaya kepada pemain. Siapa pun yang saya turunkan, saya tahu mereka akan memberikan yang terbaik," tutur pria berusia 52 tahun itu.

Kemenangan itu makin berharga setelah Irfan Jaya meraih man of the match. Sebelumnya di laga melawan Myanmar, Ricky Richardo Kambuaya juga meraih hal yang sama.

Sementara itu Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan yang memantau dari Jakarta menilai  permainan Timnas makin bagus. "Ada evaluasi setelah di laga perdana, di menit ke-65 fisik sudah kendur. Akibatnya umpan-umpan menjadi tidak terukur. Saya mendapat laporan dari Shin Tae-yong dan Indra Sjafri soal perbaikan saat melawan Laos nanti. Hasilnya bisa kita lihat saat ini,’’ ujar  Mochamad Iriawan.

‘’Saya kira setelah pemain komplit, timnas kita akan semakin kuat. Apalagi nanti kalau Egi Maulana Vikri juga bergabung. Kita berharap hasil yang terbaik saat melawan Vietnam dan Malaysia nanti,’’ imbuh Iriawan.

Pada laga berikutnya, Indonesia akan menghadapi Vietnam Rabu (15/12/2021) dan Malaysia Minggu (19/12/2021) pada laga terakhir Grup B. *ant, mao

Komentar