nusabali

Agus Hermanta Pimpin BPC HIPMI Badung Periode 2021-2024

  • www.nusabali.com-agus-hermanta-pimpin-bpc-hipmi-badung-periode-2021-2024

MANGUPURA, NusaBali.com - I Made Agus Hermanta secara aklamasi dipercaya menjadi Ketua Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Kabupaten Badung periode 2021-2024 dalam Muscab HIPMI Badung.

Pada Muscab yang dilangsungkan di Hotel Made Sempidi , Sabtu (11/12/2021),  Agus Hermanta menjadi calon tunggal dan didaulat menjadi ketua organisasi pengusaha muda ini. 

Diakui oleh Agus Hermanta jika tantangan pengusaha ke depannya masih menghadapi ketidakpastian pandemi Covid-19.  Namun ditegaskannya bahwa pengusaha tidak boleh menyerah dengan kondisi yang terjadi secara global tersebut.

“Saat ini kita berada di badai pandemi Covid-19, kebetulan di HIPMI ada anak-anak muda kreatif, maka kita akan tingkatkan kreativitas dengan melakukan inovasi agar bisa bertahan. Karena siapa yang bertahan, akan  menjadi pemenang,” kata owner Hotel Made Sempidi ini. 

Adapun inovasi yang didorong adalah menyangkut digitalisasi. “Di era 4.0 yang utama adalah digitalisasi. Perusahaaan harus melakukan digitalisasi, mulai dari digitalisasi  produk, digitalisasi kemasan produk hingga digitalisasi promosi,” urai Agus Hermanta.

Sejumlah pelatihan juga akan terus dilakukan  demi kepentingan anggota yang di Kabupaten Badung disebutnya sebanyak 80 persen terdampak pandemi.

“Kami akan melakukan pelatihan manajemen. Teman yang baru merintis akan kami bantu sehingga mereka akan mendapatkan manajemen bagus dan baik untuk diterapkan dalam perusahaan masing-masing,” ujarnya.

Pelatihan lain yang menjadi agenda adalah pelatihan keuangan, perpajakan serta pendampingan lembaga hukum bagi anggota HIPMI Badung jika menghadapi kendala terkait masalah hukum. “Soal permodalan juga sudah kami arrange dalam program HIPMI Finance, yakni, kolaborasi dengan lembaga keuangan seperti bank umum, BPR, koperasi ataupun crowd funding,” terang Agus Hermanta.

Kepemimpinan Agus Hermanta di periode 2021-2024 akan didampingi oleh Ketut Bijaya Negara (Sekretaris) dan I Putu Restu Wiana (Bendahara) yang di kepengurusan terdahulu menempati posisi sebagai Ketua Bidang Agribisnis, Agriindustri dan Kemaritiman. 

Pengusaha muda yang juga bergerak di bidang furniture ini pun menegaskan akan melanjutkan program Ketua HIPMI Badung 2018-2021 I Putu Gede Putra Adnyana.

“Kami akan melanjutkan program terdahulu yang sudah bagus dan ditambah program baru yang kami arrange bersama. Pada dasarnya untuk kepentingan anggota dan  kepentingan organisasi sehingga membantu kesejahteraan anggota,” kata Agus Hermanta.

Sementara itu I Putu Putra Gede Adnyana yang menyerahkan suksesi kepemimpinan berharap kepengurusan baru lebih baik. “Kami berharap untuk lebih baik lagi apa yang sudah ditanamkan, dan membawa organisasi lebih baik lagi,” kata Putra Adnyana.

Di bawah kepemimpinan Putra Adnyana sejatinya sejumlah program sudah dilakukan di antaranya pelatihan-pelatihan, berkerjasama dengan institusi pendidikan, menggelar event, hingga pada masa pandemi melakukan aksi sosial bagi-bagi sembako. Namun sesuai AD/ART, Ketua HIPMI tidak boleh dipilih lagi, demi mencetak kader muda pemimpin baru. 

Pada Muscab yang juga dihadiri oleh Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) HIPMI Bali Pande Agus Permana Widura berharap HIPMI Badung menjadi lokomotif tumbuhnya wirausaha di kabupaten yang selama ini mengandalkan diri dari pariwisata ini.

“Jumlah pengusaha di Indonesia 2,5% jumlah penduduk. Untuk Badung yang memiliki 540 ribu penduduk, kami berharap lebih banyak pengusaha di Badung. Bukan 2,5%, tapi agar menembus target 5%,” harap Pande Agus Permana Widura.

Program melahirkan lebih banyak pengusaha itu pun ditegaskan menjadi bagian dari program HIPMI Bali. “Semakin banyak pengusaha, maka semakin berkurang ketergantungan kepada pemerintah,” pungkas Diingatkan Pande Agus Permana Widura. *mao

Komentar