nusabali

Pos Balawista Kuta Mulai Diperbaiki

  • www.nusabali.com-pos-balawista-kuta-mulai-diperbaiki

MANGUPURA, NusaBali
Fondasi Pos Balawista Kuta yang terkikis abrasi, mulai diperbaiki oleh Pemerintah Kabupaten Badung, Jumat (10/12).

Perbaikan yang dilakukan dengan memasang batu, tujuannya memperkuat bagian fondasi yang menopang bangunan tersebut. Kepala UPDT Penyelamatan Wisatawan Kecamatan Kuta, Ketut Ipel, mengatakan perbaikan pos Balawista dilakukan dengan pemasangan batu pada fondasi yang tergerus abrasi. Secara umum kondisi bangunan pos Balawisata masih kuat dan kokoh, sehingga dengan penambahan batu pada bagian pondasi dinilai sudah cukup.

“Kami berharap dengan perbaikan yang dilakukan, kondisi pos Balawista itu akan kembali kuat dan tidak membahayakan pengunjung yang biasanya ramai beraktivitas di area tersebut,” kata Ipel.

Untuk mencegah pengunjung agar tidak mendekat ke lokasi, pihaknya masih memasang tali pembatas di areal pos Balawista. “Tali masih kami pasang agar tidak ada pengunjung yang mendekat, karena bebahaya. Begitu perbaikan selesai, maka tali akan kami lepas,” tandasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kadisparda Badung Cokorda Raka Darmawan, mengatakan perbaikan pos Balawista. Proses perbaikan dipercepat guna mengamankan agar tidak semakin tergerus abrasi. Langkah tersebut merupakan langkah emergency yang dikerjakan menggunakan anggaran kebencanaan BPBD Badung.

“Perbaikan dilakukan pada bagian fondasi. Selain itu pada bagian depan juga dibuatkan tanggul penahan ombak dari batu. Hal itu untuk mengamankan kondisi bangunan dari gelombang pasang,” kata Raka Darmawan. *dar

Komentar