nusabali

KMHDI dan FA KMHDI Salurkan Bantuan kepada Korban Erupsi Semeru

  • www.nusabali.com-kmhdi-dan-fa-kmhdi-salurkan-bantuan-kepada-korban-erupsi-semeru

JAKARTA, NusaBali
Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) dan Forum Alumni Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (FA KMHDI) melakukan pengumpulan donasi dan menyalurkan bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, melalui kegiatan KMHDI Peduli.

Ratusan paket sembako dan kebutuhan pokok lainnya disalurkan kepada para korban bencana pada 8 – 9 Desember 2021. Ketua Presidium PP KMHDI I Putu Yoga Saputra, menyatakan penyaluran bantuan itu merupakan bentuk konsistensi KMHDI dalam mengimplementasikan nilai-nilai Purwaka KMHDI dalam menjalankan dharma agama dan dharma negara, sekaligus menunjukkan jati diri humanis dari KMHDI.

“Ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap saudara-saudara kita yang sedang mengalami kesusahan dalam musibah yang tidak diinginkan. Semoga bantuan yang kami salurkan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru,” tutur Yoga Saputra, Jumat (10/12).

Sementara Sekjen FA KMHDI Nyoman Brahmandita menyampaikan, bencana alam yang terjadi akhir-akhir ini semakin menguji rasa kesetiakawanan sebagai sesama makhluk Tuhan. Bencana alam tersebut tidak perlu diratapi berkepanjangan. Yang penting adalah bagaimana menangani para korban bencana tersebut.

“Bantuan yang disalurkan KMHDI bersama FA KMHDI hanya sebagian kecil dari upaya kita menyikapi bencana tersebut tanpa harus meratapinya," tegas Nyoman Brahmandita.

“Hal itu sejalan dengan ajaran luhur Hindu Dharma yaitu Tat Twam Asi. Kamu adalah aku, aku adalah kamu yang dimaknai dengan apa yang menjadi duka masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru, juga duka yang kita rasakan bersama juga,” tegas Nyoman Brahmandita.

Penyaluran bantuan ke Lumajang dipimpin oleh Ketua Departemen Sosial Kemasyarakatan PP KMHDI Deni Krisnandi dan Ketua Departemen Data dan Informasi Made Astrama. Mereka didampingi pengurus Pimpinan Daerah (PD) dan Pimpinan Cabang (PC) serta kader KMHDI se-Jawa Timur. Kemudian KMHDI bersinergi bersama lembaga setempat menyalurkan bantuan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

“Penyaluran bantuan dilakukan selama dua hari pada 8 dan 9 Desember. Penyaluran hari pertama (8/12) yaitu di Kecamatan Sumbersari dan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Hari kedua (9/12) ada dua titik penyaluran yaitu di Desa Condro dan Kedung Pakis Pasirian, Kabupaten Lumajang,” kata Deni.

Pria asal Kalimantan tersebut menjelaskan dalam pendistribusian bantuan ke lokasi posko pengungsian, KMHDI bekerjasama dengan lembaga-lembaga Hindu yang ada di Kabupaten Lumajang. Deni berterima kasih kepada para donatur, FA KMHDI, Yayasan Tangsel Peduli Kasih, dan seluruh masyarakat Indonesia yang sudah ikut berdonasi.

KMHDI menyerahkan bantuan berupa ratusan paket sembako, peralatan mandi, air mineral, dan kebutuhan pokok lainnya. KMHDI terus mengajak seluruh elemen masyarakat untuk saling bahu membahu meringankan beban para korban bencana alam yang sekarang ini terjadi di beberapa daerah seperti banjir di Lombok (NTB), banjir dan longsor di Sulawesi Utara.

“Semoga KMHDI bisa selalu bersinergi bersama semua elemen masyarakat untuk saling peduli terhadap sesama. Melalui progran KMHDI Peduli, kami masih melakukan open donasi untuk disalurkan ke daerah lain yang sedang dalam musibah bencana alam,” papar Deni. *k22

Komentar