nusabali

BBPOM Sosialisasi Nomor Izin Edar Produk

  • www.nusabali.com-bbpom-sosialisasi-nomor-izin-edar-produk

GIANYAR, NusaBali
Plt Kepala BBPOM (Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan) Denpasar Dra Ni Putu Teny Desyani Apt menyosialisasikan upaya mendapatkan Nomor Izin Edar (NIE) kepada UMKM, di Wantilan Pura Dalem Guwang, Desa Guwang, Sukawati, Kamis (9/12).

Dengan NIE, dia berharap UMKM terus berkembang dan mampu bersaing. Kegiatan ini difasilitasi anggota DPR RI Dapil Bali Nyoman Parta. "Kegiatan ini mesti terus berlanjut, selain tugas dan fungsi dari BBPOM. Harapan kami, UMKM juga mendapatkan bantuan permodalan dan penguatan strategi digital produk," ungkap Teny Desyani.

Selain Nyoman Parta, hadir pula dalam acara itu, Pimpinan BRI Bali Nusra Rudi Andimono dan Pimpinan Wilayah Jamkrido Bali Nusra Jaja Jatmika, selaku lembaga penjamin dan pemberi kredit. Rudi Andimono mengatakan kegiatan ini sangat baik dilakukan sehingga UMKM juga terfasilitasi pengetahuan baik dari segi perizinan dan pengembangan produk. "Kami tentu akan terus mendukung khususnya dalam bantuan permodalan," terangnya.

Nyoman Parta menyampaikan ada beberapa hal yang krusial dan wajib diketahui UMKM. Antara lain, produknya bagus, tapi belum memiliki NIE sehingga barang tidak bisa beredar luas. Ada produk yang tidak perlu memiliki NIE malah mengajukan NIE. "Bahkan ada produk yang sudah beredar, padahal belum mengurus NIE, karena alasan kadulawarsa produk lebih dari 7 hari yang bisa membahayakan kesehatan," jelasnya. Dia mengaku kedepan akan mengundang pihak penerbit izin produk harus punya NIE dan tidak NIE. *nvi

Komentar