nusabali

Lewati Gol Pele, Messi Kejar Ronaldo

  • www.nusabali.com-lewati-gol-pele-messi-kejar-ronaldo

PARIS, NusaBali
Dua gol ke gawang Club Brugge membuat Lionel Messi dengan 758 gol, melewati catatan gol Pele sebanyak 757 gol.

Kini striker Argentina itu tinggal mengejar catatan gol Cristiano Ronaldo, yang tembus 801 gol. Paris Saint-Germain (PSG) mengalahkan Club Brugge 4-1 di Parc des Princes, Paris, Prancis, Rabu (8/12) dinihari WITA, pada matchday 6 Liga Champions. PSG, yang sudah lolos ke 16 besar, menang lewat dua gol Kylian Mbappe, dan dua gol Lionel Messi. Club Brugge membalas satu gol lewat Mats Rits.

Dengan dua gol itu mebuat Messi sudah mencetak 758 gol sepanjang kariernya, total dari penampilannya di klub dan tim nasional. Jumlah itu melewati catatan Pele, yang 757 gol sepanjang kariernya.

Rinciannya, Messi membuat 678 gol di Barcelona, 6 gol di PSG, dan 80 gol di tim Tango. Musim ini, Messi sendiri baru mem uat 6 gol untuk PSG, sejak meninggalkan Barcelona. Lima dari enam golnya dicetak di Liga Champions.

Kini Messi tinggal mengejar rekor Ronaldo. CR7 tercatat sudah bikin 801 gol sepanjang kariernya, dan menjadi pemain dengan gol terbanyak yang tercatat resmi.

Terkait jumlah gol Pele, masih ada kontroversi perihal jumlah pastinya. Sebab, legenda hidup Brasil itu mengklaim membuat 1.283 gol sepanjang kariernya. Namun, hampir setengah golnya tercipta dari laga persahabatan tak resmi dan pertandingan tur. Ahasil, secara resmi Pele hanya tercatat bikin 757 gol dari 812 penampilan

Sedangkan di Liga Champions musim ini, penyerang Ajax Amsterdam  Sebastien Haller masih memimpin top scorer, dengan 10 gol. Haller menggungguli Robert Lewandowski (9 gol), usai menambah golnya saat Ajax mengalahkan Sporting Lisbon, di matchday terakhir Grup C Liga Champions, Rabu dinihari WITA.

Ajax menang 4-2 atas Sporting dengan gol pembuka dibuat Haller lewat titik putih pada menit kedelapan. Ini jadi gol ke-10 Haller di Liga Champions musim ini, yang membuatnya menyamai rekor Ronaldo pada 2017/2018.  Keduanya menjadi pemain yang selalu membuat gol di enam laga fase grup. Haller sementara mengambil alih puncak top scorer, unggul satu gol dari Robert Lewandowski dengan sembilan gol.

Namun striker Bayern Muenchen itu dapat saja menyamai atau bahkan melewati Haller, jika mampu menjebol gawang Barcelona di Allianz Arena, Kamis (9/12) dinihari WITA. *

Komentar