nusabali

Liverpool dan Ajax Sapu Bersih

Atletico Lengkapi 12 Tim Lolos 16 Besar

  • www.nusabali.com-liverpool-dan-ajax-sapu-bersih

MILAN, NusaBali
Liverpool dan Ajax Amsterdam sapu bersih laga fase grup Liga Champions 2021/2022. Sedangkan Atletico Madrid menjadi tim ke-12 yang memastikan babak 16 besar fase knock out.

Ya, Liverpool jadi tim Inggris pertama yang sapu bersih laga fase grup Liga Champions, usai mengalahkan tuan rumah AC Milan di Stadion San Siro, dalam matchday terakhir Grup B, Rabu (8/12) dinihari WITA. Meski telah lolos ke 16 besar sebagai juara grup, Liverpool tetap tampil ngotot dan menang 2-1.

The Reds tertinggal dulu lewat gol Fikayo Tomori. Namun Mohamed Salah menyamakan skor untuk menutup babak pertama 1-1. Di babak kedua, Liverpool tetap ngotot dan meraih kemenangan 2-1 usai Divock Origi mencatatkan namanya di papan skor.

"Sejujurnya, saya tidak merasa bangga dengan sepakbola karena sebagian besar waktu saya mengharapkan hal-hal baik terjadi, jujur, tetapi malam ini membuat saya sangat bangga," kata Klopp di situs resmi Liverpool.

Liverpool di puncak klasemen Grup B dengan 18 poin dari 6 laga. The Reds mencetak 17 gol dan kebobolan enam gol. Sedangkan AC Milan menjadi juru kunci grup B, dengan 4 poin.

Sedangkan Atletico Madrid akhirnya lolos ke 16 dari Grup B menyusul Liverpool, usai menang 3-1 atas Porto di Estadio do Dragao, Rabu (8/12) dinihari WITA.  Gol Atletico dicetak Antoine Griezmann (56'), Angel Correa (90') dan Rodrigo De Paul (90+2). Gol Porto dari penalti Sergio Oliveira, juga di injury time babak kedua.

Hasil ini membuat Atletico lolos ke 16 besar, menempati urutan kedua klasemen akhir Grup B dengan 7 poin. Sedangkan Porto terlempar ke Liga Europa karena finis di urutan ketiga dengan 5 poin.

Sementara itu, Ajax Amsterdam juga mengakhiri sempurna fase grup dengan 18 poin usai gasak Sporting Lisbon 4-2, di Johan Cruyff Arena, Rabu dinihari WITA. Sebastien Haller mencetak gol membantu Ajax mengakhiri laga fase grup dengan rekor 100 persen atau memenangkan semua laga fase grup.

Haller jadi pemain kedua setelah Cristiano Ronaldo selalu mencetak gol dalam semua dari enam laga fase grup musim 2017-2018. Dia membuat gol dari tendangan penalti untuk menambah jumlah golnya menjadi 10 gol, sekaligus sebagai top skorer sementara.

Dengan berakhir laga pada Rabu dini hari, kini sudah 12 tim lolos ke 16 besar Liga Champions. Terbaru, ada Atletico Madrid masuk dalam daftar dari grup A mendampingi Liverpool.

Sedangkan empat tim lagi ditentukan pada laga Kamis dinihari. Yakni, satu jatah dari Grup E, yang diperebutkan Benfica dan Barcelona untuk mendampingi Bayern Muenchn.

Di Grup F, satu tiket sudah di tangan Manchester United. Satu jatah tersisa akan diperebutkan Atalanta dan Villarreal, yang saling baku hantam di laga terakhir.

Di Grup G, persaingan untuk dua tiket masih terbuka. Lille, Red Bull Salzburg, Sevilla, dan Wolfsburg masih dapat lolos.  *

Komentar