nusabali

Bupati Suwirta Gelar Temu Wirasa di Nusa Penida

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-gelar-temu-wirasa-di-nusa-penida

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menggelar acara temu wirasa di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Rabu (8/12).

Kegiatan ini serangkaian mengoptimalkan perencanaan pembangunan daerah khususnya di Kecamatan Nusa Penida dengan pendekatan partisipasif.

Karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, temu wirasa tersebut digelar melalui video conference, diikuti para kepala OPD, perbekel, dan bendesa se-Kecamatan Nusa Penida, dan undangan terkait lainnya. Turut mendampingi Bupati Suwirta, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Klungkung Luh Ketut Citrawati, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan I Nyoman Sidang, dan Camat Nusa Penida I Komang Widyasa Putra.

Dalam acara itu, beberapa peserta memberikan sejumlah usul dan saran, antara lain, penegerian TK banjar/desa, peningkatan pemeliharaan drainase, penerangan jalan, perbaikan infrastruktur jalan, dan air bersih.

Terkait beberapa masukan yang disampaikan Bupati Suwirta langsung menugaskan instansi yang membidangi untuk menindaklanjuti masukan tersebut. Bupati Suwirta mengatakan, temu wirasa ini sebagai wadah untuk menyerap aspirasi masyarakat baik berupa saran, usulan maupun kritik sebagai bahan perencanaan. "Agar jangan hanya melihat keberhasilan suatu pembangunan dari segi fisik. Pembangunan tidak serta merta terwujud tanpa ada proses dan dukungan masyarakat sekitar," ujar Bupati Suwirta.

Selaku Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Klungkung, Bupati mengimbau kepada para prajuru adat dan perangkat desa untuk mengajak masyarakat melaksanakan prokes Covid-19 pada saat melakukan kegiatan sehari-hari.

Bupati juga mengajak perangkat desa untuk terus mengimbau masyarakat agar membuat Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) di desa masing-masing.

Tak kalah penting, jelas Bupati, pelaku pariwisata agar melengkapi objek wisata maupun tempat akomodasi pariwisata dengan sertifikat CHSE yakni Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan), serta memanfaatkan aplikasi Peduli Lindungi. *wan

Komentar