nusabali

Pelanggar Lalu Lintas Lebih Tinggi dari Pelanggar Prokes

  • www.nusabali.com-pelanggar-lalu-lintas-lebih-tinggi-dari-pelanggar-prokes

MANGUPURA, NusaBali
Sosialisasi pengendalian Covid-19 oleh pemerintah bersama aparat kepolisian dan instansi terkait lainnya membawa dampak positif yang signifikan.

Kepatuhan masyarakat untuk menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) dalam menjalankan kegiatan setiap hari sangat bagus.  Ini berdampak pula pada capaian pengendalian penyebaran Covid-19. Kasus harian tidak lagi seperti pada Juni dan Juli yang lalu. Hasil ini tidak dengan mudah dicapai. Segala kegiatan TNI dan Polri terkonsentrasi dalam pengendalian virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, Cina itu. Sebut saja kegiatan yang digelar kepolisian Polda Bali. Segala bentuk kegiatan diutamakan sosialisasi Prokes Covid-19. Tidak hanya dilakukan oleh bagian Binmas.

Operasi Zebra Agung yang digelar 15-28 November 2021 pun konsentrasinya adalah pengendalian Covid-19. Selama operasi berlangsung polisi tidak melakukan penilangan selain teguran. Ada hal menarik ditemukan oleh Satlantas Polres Badung, yakni pelanggar lalulintas lebih banyak dari pelanggar Prokes.

"Kepatuhan Prokes pengguna jalan di Badung sangat bagus. Bahkan ada yang menggunaka masker 3 double. Pelanggar lalulintasnya justru banyak ditemukan. Pelanggaran paling banyak adalah tidak pakai helm. Alasannya rumahnya dekat. Selanjutnya sepeda motor knalpot brong," ungkap Kasatlantas Polres Badung AKP Aan Saputra dikonfirmasi, Rabu (8/12).

AKP Aan mengajak masyarakat tidak abai dengan aturan lalu lintas, karena kecelakaan lalu lintas adalah ancaman nyata. Melihat hal ini Satlantas Polres Badung tingkatkan patroli. Sembari melakukan penyuluhan tentang pengendalian Covid-19 jajaran Satlantas juga diminta untuk tidak bosan memberikan teguran kepada pengendara yang melanggar.

"Menjelang akhir tahun volume kendaraan di wilayah hukum Polres Badung meningkat. Meski jumlahnya tidak sampai menyebabkan kemacetan parah pada titik rawan macet," ungkap AKP Aan Saputra.

Meningkatnya aktivitas masyarakat ini juga diantisipasi agar tak terjadi lonjakan kasus Covid-19. Anggota Satlantas terus melakukan sosialisasi dan bagi-bagi masker secara gratis kepada pengendara.

"Polres Badung juga buka gerai vaksin Presisi di Terminal Mengwi, Kecamatan Mengwi dan gerai vaksi Presisi di Urkes Polres Badung. Kepada masyarakat juga untuk tidak lupa pakai aplikasi PeduliLindungi," tandasnya. *pol

Komentar