nusabali

Awasi Pemilu 2024, Bawaslu Gianyar Gandeng MDA

  • www.nusabali.com-awasi-pemilu-2024-bawaslu-gianyar-gandeng-mda

GIANYAR, NusaBali
Dalam rangka menyongsong dan mewujudkan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 yang bermartabat dan berkualitas, Bawaslu Gianyar bangun sinergisitas dengan Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten Gianyar.

Kedua lembaga teken perjanjian kerjasama program gerakan masyarakat adat terkoordinasi awasi Pemilu dan jaga Pilkada (Gema Siwa Puja) di Kantor Bawaslu Kabupaten Gianyar, Selasa (7/12) .

Kegiatan dihadiri Ketua Bawaslu Provinsi Bali Ketut Ariyani dan Bendesa Madya Majelis Desa Adat Kabupaten Gianyar AA Gde Alit Asmara beserta Majelis Alit se-Kabupaten Gianyar. Gema Siwa Puja merupakan program gagasan Bawaslu Provinsi Bali di bidang pengawasan partisipatif yang bertujuan mengajak masyarakat adat berpartisipasi dalam pengawasan Pemilu dan Pemilihan tahun 2024.

Ketua Bawaslu Gianyar, I Wayan Hartawan menjelaskan kerjasama yang dilakukan merupakan tindaklanjut dari program Gema Siwa Puja yang telah terjalin beberapa bulan lalu antara Bawaslu Provinsi Bali dan Majelis Desa Adat Provinsi Bali.“Program ini merupakan tindak lanjut dari program yang sudah terjalin antara Bawaslu Provinsi Bali dengan MDA Provinsi Bali, dan saat ini ditindaklanjuti di tingkat Kabupaten untuk dapat berangkulan dan bersinergi bersama dengan Desa Adat untuk tujuan melakukan pengawasan partisipatif agar terwujudnya Pemilu maupun Pemilihan yang bermartabat dan Berintegritas,”katanya.

Dikatakan, keterbatasan jumlah SDM Pengawas Pemilu di masing-masing tingkatan menjadi urgensi pengawasan untuk membangun koordinasi dan bekerjasama dibidang pengawas partisipatif sehingga dipandang perlu untuk mengajak seluruh komponen masyarakat agar bersama-sama melaksanakan pengawasan Pemilu dan Pemilihan, salah satunya menjalin kerjasama dengan Majelis Desa Adat Kabupaten Gianyar.

“Mengingat keterbatasan SDM tersebut, maka perlu dukungan dan peran serta dari Majelis Desa Adat mengingat Desa Adat memiliki peranan yang penting dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, khususnya di Bali,” ujar Kordiv SDMO Bawaslu Kabupaten Gianyar ini. Sedangkan Bendesa Madya Majelis Desa Adat Kabupaten Gianyar, AA Gde Alit Asmara menyambut positif kegiatan penandatangan perjanjian kerjasama antara Bawaslu  Gianyar dengan MDA  Gianyar.

“Majelis Desa Adat Kabupaten Gianyar yang membawahi 273 Desa Adat akan memberikan dukungan kepada Bawaslu Kabupaten Gianyar dalam  mewujudkan Pemilu dan Pemilihan yang bermartabat dan berintegritas sebagai pengawas  partisipatif dalam menyongsong Pemilu dan Pemilihan serentak Tahun 2024 mendatang, serta dengan tujuan mendapatkan pemimpin yang amanah,”katanya.

Ketua Bawaslu Provinsi Bali, Ketut Ariyani mengatakan program tersebut merupakan salah satu upaya Bawaslu Provinsi Bali  agar masyarakat adat turut berpartisipasi dalam pengawasan Pemilu ataupun Pilkada mendatang terlebih Desa Adat memiliki  peranan yang penting dalam masyarakat. *nvi

Komentar