nusabali

Kapal Sinar Bahari Dievakuasi ke Gili Selang

  • www.nusabali.com-kapal-sinar-bahari-dievakuasi-ke-gili-selang

Setelah dicek, kapal itu tanpa mesin, tidak ada alat navigasi, dan tidak laik laut.

AMLAPURA, NusaBali
Kapal Ikan Sinar Bahari yang terombang-ambing di perairan Banjar Kusambi, Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Karangasem dievakuasi ke Pantai Banjar Gili Selang, Desa Seraya Timur, Kecamatan Karangasem, Rabu (8/12) sekitar pukul 13.00 Wita. Kapal tanpa awak itu ditarik menggunakan kapal armada Satpolairud Polres Karangasem, KPXI-204 dengan nakhoda Aipda I Gede Nuada SH. Evakuasi berlangsung selama satu jam dengan jarak tempuh 1 kilometer ke arah selatan.

Evakuasi kapal dipimpin Kasat Polairud Polres Karangasem AKP I Gusti Agung Bagus Suteja. Turut hadir anggota Bakamla (Badan Keamanan Laut) Karangasem, Polsek Abang, Koramil Abang, BPBD, Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem, serta nelayan. Kapal Sinar Bahari dengan bobot diperkirakan 29 gross tonnage, panjang 20 meter dengan lebar 5 meter berhasil ditarik Pantai Banjar Giliselang. Setelah dicek, kapal itu tanpa mesin, tidak ada alat navigasi, dan tidak laik laut.

Evakuasi dilakukan atas permintaan nelayan agar bangkai kapal tidak mengganggu aktivitas nelayan saat menangkap ikan. “Kapal itu telah rusak, diperkirakan sengaja dilepas pemiliknya karena tidak laik laut,” ungkap AKP I Gusti Agung Bagus Suteja. Kapal tersebut tetap ditarik ke darat sambil menunggu pemiliknya. Jika dalam waktu tertentu tidak ada yang mengakui sebagai pemiliknya, maka kapal akan dilelang atau dimusnahkan. *k16

Komentar