nusabali

Tiada Hujan, Pohon Tumbang Tetap Terjadi di Gianyar

  • www.nusabali.com-tiada-hujan-pohon-tumbang-tetap-terjadi-di-gianyar

GIANYAR, NusaBali.com – Tidak ada hujan, tidak ada angin, namun pohon tumbang masih terjadi pada Rabu (8/12/2021).

Sekitar pukul 17.35 Wita, telah terjadi pohon tumbang disertai tanah longsor hingga menutupi akses jalan menuju Pura Dalem Manuaba, di Banjar Manuaba, Desa Kendran, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar.

“Setelah belakangan sering diguyur hujan, tanah di Kabupaten Gianyar menjadi lembab. Itu membuat akar pohon menjadi tidak kuat, dan tanah mudah longsor,” jelas Gusti Ngurah Dibya Prasesta Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar.

Beruntung dalam kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa maupun kerugian material. “Karena intensitas hujan belakangan sering terjadi, maka meskipun hari ini cuaca cerah, keadaan tanah cenderung masih basah, dan akibat derasnya hujan yang mengguyur menyebabkan beberapa pohon sudah dalam keadaan miring jadi rawan tumbang,” tambah Gusti Ngurah Dibya Prasesta.

Pukul 19.10 pohon yang tumbang dan longsoran tanah telah dibersihkan, dan akses jalan menuju Pura Dalem Manuaba telah dapat dilalui kembali.

Gusti Ngurah Dibya Prasesta kemudian mengimbau, agar masyarakat Bali terutama masyarakat Kabupaten Gianyar selalu berhati-hati dalam beraktivitas di saat cuaca esktrem karena potensi terjadinya bencana alam sangat tinggi. “Satu atau dua hari pasca hujan deras juga diharapkan masyarakat tetap waspada akan terjadinya bencana alam,” tutupnya. *rma

Komentar