nusabali

Pohon Tumbang di Sejumlah Titik di Buleleng

  • www.nusabali.com-pohon-tumbang-di-sejumlah-titik-di-buleleng

SINGARAJA, NusaBali
Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Buleleng pada Senin (6/12), mengakibatkan musibah pohon tumbang di sejumlah titik.

Sebagian pohon tumbang dilaporkan terjadi di jalur vital yang membuat arus lalu lintas sempat macet. Pohon tumbang juga menimpa sebuah rumah warga di wilayah Kecamatan Banjar, hingga mengakibatkan kerugian jutaan rupiah.

Dari data yang dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kabupaten Buleleng, pohon tumbang terjadi di beberapa lokasi. Di antaranya, di jalan yang menghubungkan Desa Baktiseraga, Kecamatan Buleleng, dengan Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, tepatnya di sebelah selatan Pura Desa Sambangan. Pohon tumbang juga terjadi di jalan Desa Padangbulia, Kecamatan Sukasada.

Lalu pohon tumbang jenis suar dengan diameter sekitar 95 centimeter terjadi di Jalan Raya Singaraja – Seririt, tepatnya di Desa Temukus, Kecamatan Banjar. Tumbangnya pohon perindang di pinggir jalan itu sempat menimbulkan kemacetan lalu lintas. Namun dalam rentang waktu 2 jam, kemacetan dapat diurai dan penanganan pohon tumbang dilakukan dengan lancar oleh tim BPBD Buleleng.

Di Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, terjadi pohon tumbang yang menimpa mobil warga hingga rusak. Kemudian di Banjar Sekar, Desa/Kecamatan Banjar, pohon tumbang menimpa rumah warga yang mengakibatkan bagian atap belakang rumah rusak. Akibatnya, korban mengalami kerugian sekitar Rp 3,5 juta. Kejadian tersebut sudah ditangani warga dan petugas BPBD.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Buleleng Putu Ariadi Pribadi dikonfirmasi pada Senin sore kemarin, menyebutkan adanya peristiwa bencana alam pohon tumbang yang diakibatkan curah hujan yang tinggi. Kejadian itu dilaporkan di sejumlah titik dan sudah ditangani petugas BPBD serta warga. “Ada beberapa pohon tumbang di beberapa titik. Tapi sudah berhasil ditangani,” kata Ariadi. *mz

Komentar