nusabali

Lawan Kamboja, Timnas Punya Catatan Buruk Laga Perdana

  • www.nusabali.com-lawan-kamboja-timnas-punya-catatan-buruk-laga-perdana

SINGAPURA, NusaBali
Menjalani laga lawan Kamboja pada laga perdana di Piala AFF 2020 pada Kamis (9/12) nanti, Timnas Indonesia dihantui catatan buruk. Ya, Timnas selalu gagal menang dalam laga pembuka Piala AFF.

Catatan buruk itu terjadi sejak Piala AFF 2012 sampai saat ini.  Hal itu artinya, sudah empat edisi laga perdana di Piala AFF, Timnas gagal menang. Pada edisi 2012, Timnas ketika itu diimbangi Laos 2-2, pada 25 November.

Hasil serupa identik pada partai pembuka Piala AFF 2014, di mana saat itu Timnas ditahan Vietnam 2-2, pada 22 November. Bahkan laga perdana Piala AFF 2016, Timnas menyerah 2-4 dari Thailand pada 19 November. Kekalahan juga terjadi pada laga perdana Piala AFF 2018, Timnas menyerah 0-1 dari Singapura pada 9 November,

Sedangkan Timnas sebelumnya punya catatan bagus pada laga pembuka Piala AFF/Piala Tiger. Pada edisi perdana 1996-2010, Timnas sukses memenangi tujuh laga dan sekali imbang pada partai pembuka turnamen.

Piala AFF 2020 menjadi momentum Timnas untuk memutus catatan buruk pada laga perdana turnamen. Apalagi, laga pembuka selalu krusial dalam sebuah turnamen.

Karena itulah, pemain Timnas Ezra Walian menyebutkan laga pembuka Grup B Piala AFF 2020 melawan Kamboja (9/12/2021), sangat penting. Ezra bertekad membantu Tim Merah Putih meraih poin penuh dalam laga tersebut.

"Kami harus menunjukkan kesiapan. Kami butuh tiga angka pada laga pertama, karena laga pertama pada sebuah turnamen selalu penting," kata Ezra Walian.

Menurut Ezra, kemenangan pada laga perdana akan membuat Timnas semakin berkembang. Pemain 24 tahun itu berharap, seluruh pemain mampu memberikan penampilan terbaik pada laga nanti.

"Saya berharap kami memenangi laga pertama dan kian berkembang pada turnamen ini. Kami berlatih sangat keras dan itu meningkatkan mentalitas, tubuh, dan kebugaran. Kami sudah siap," kata pemain Persib Bandung itu.

Sementara itu, pelatih Timnas Shin Tae-yong menyambut antusias perhelatan Piala AFF 2020. Ini menjadi edisi pertama bagi Shin Tae-yong memimpin skuat Garuda pada ajang dua tahunan tersebut. Baginya, suatu kehormatan dalam turnamen dengan gairah yang luar biasa.

"Saya senang bertemu dengan teman-teman baru dari negara-negara ASEAN dengan semangat fair play. Saya sangat menantikan turnamen ini," ujar Shin Tae-yong. *

Komentar