nusabali

Selama November, Pengguna Jalan Tol Bali Mandara Naik 100 Persen

  • www.nusabali.com-selama-november-pengguna-jalan-tol-bali-mandara-naik-100-persen

MANGUPURA, NusaBali
Pengguna jalan Tol Bali Mandara pada November 2021 mengalami peningkatan hingga 100 persen, dibandingkan saat masa PPKM Darurat.

Hal tersebut berbanding lurus dengan kebijakan pemerintah yang membuka pariwisata Bali untuk domestik dan kemudahan syarat perjalanan wisata ke Bali. Terlebih sejumlah kegiatan banyak diselenggarakan di Bali.

Humas PT Jasamarga Bali Tol I Putu Gandhi Ginantra, mengatakan meningkatkan jumlah pengguna jalan Tol Bali Mandara terjadi setelah selesainya PPKM Darurat. Pada saat PPKM Darurat, pengguna jalan Tol Bali Mandara mencapai titik terendah, yaitu hanya 7.700 kendaraan per hari. Seiring dengan turunnya level PPKM dan dilakukan perubahan syarat penerbangan ke Bali, pengguna jalan Tol Bali Mandara berangsur naik secara perlahan dari bulan ke bulan, hingga mencapai angka sekitar 14.000 kendaraan per hari pada November 2021.

“Kalau secara grafik setelah Juli, pergerakan kendaraan naik perlahan. Yang paling terlihat itu November, yaitu sekitar 14.000 kendaraan melintas per hari,” jelas Gandhi, Minggu (6/12).

Di samping itu, lanjutnya, meningkatkan pengguna jalan jalan Tol Bali Mandara, juga tidak terlepas dari sejumlah kegiatan yang dilaksanakan di Bali. Seperti agenda kementerian/lembaga, agenda kunjungan kerja presiden, agenda kunjungan menteri, event International Badminton Festival 2021, dan lain sebagainya. Hal itu tentu secara otomatis berdampak pada menggeliatnya sektor pariwisata dan membuat lalu lintas meningkat.

“Mayoritas orang yang melintas di jalan Tol Bali Mandara adalah orang yang terkait di sektor pariwisata, seperti tamu hotel, travel, pekerja hotel, hingga angkutan barang. Jadi jalan tol ini juga terdampak geliat pariwisata itu,” kata Gandhi.

Terkait rencana pemerintah kembali menetapkan status PPKM Level 3 di wilayah Bali, Gandhi mengaku belum bisa melihat lebih jauh dampaknya. Kendati demikian, pihaknya menegaskan tetap akan memberikan pelayanan optimal saat momentum Natal dan Tahun Baru.

“Biasanya kalau akhir tahun itu kondisi lalu lintas relatif tinggi. Tapi semenjak pandemi ini, trafik kendaraan saat tahun baru itu relatif sepi,” tandas Gandhi. *dar

Komentar