nusabali

Upacara Nangkluk Merana Digelar di Catus Pata Bangli

  • www.nusabali.com-upacara-nangkluk-merana-digelar-di-catus-pata-bangli

BANGLI, NusaBali
Upacara Nangluk Merana Yasa Kerthi Bhumi digelar di Catus Pata, Kelurahan Kawan, Kecamatan/Kabupaten Bangli pada Saniscara Wage Medangsia, Sabtu (4/12), bertepatan dengan Tilem Kanem.

Upacara dipuput Ida Pedanda Istri Rai dari Geriya Manggis Kusuma Jati Brahmana Bukit Bangli.  Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Pemkab Bangli Jro Penyarikan Widata, mengatakan upacara nangluk merana dilaksanakan guna memohon kerahayuan dan keselamatan jagat dan seisinya agar dijauhkan dari hal-hal yang bersifat negatif.

“Upacara juga untuk memohon agar masyarakat Bangli khususnya dijauhkan hal negatif, virus-virus maupun penyakit lainnya agar kembali ke alamnya dan sirna. Sekaligus memohon kesuburan sarwamaurip dan sarwatinandur,” kata Jro Widata.

Sementara itu, Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan  musim pancaroba atau musim peralihan dari kemarau ke penghujan, umumnya identik dengan penyakit dan hal-hal negatif lainnya. Banyak orang mudah sakit dan emosi dengan keadaan cuaca yang berubah-ubah, karena pengaruh energi negatif antara makrokosmos (alam semesta) dan mikrokosmos (manusia) yang saling mempengaruhi.

Maka itu, melalui bakti nangluk merana ini, diharapkan Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan keselamatan kepada semua makhluk dan dijauhkan dari energi negatif. “Melalui bakti ini tentu kita mendoakan agar alam semesta beserta isinya selalu diberikan perlindungan oleh Ida Sang Hyang Widi Wasa,” ungkap Bupati asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Bangli, ini. *esa

Komentar