nusabali

Bawaslu Bali Tumbuhkan Rasa Cinta pada Pemilu

Sosialisasi Pengawasan Partisipatif 2021

  • www.nusabali.com-bawaslu-bali-tumbuhkan-rasa-cinta-pada-pemilu

AMLAPURA, NusaBali
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bali berupaya mengembalikan spirit berbangsa, bernegara, dan mencintai demokrasi dan proses pemilu lewat sosialisasi partisipatif.

Hal itu karena pemilu merupakan salah satu cara legal dalam proses demokrasi.  “Karena Bawaslu Bali dan jajaran Bawaslu kabupaten/kota, ingin mewariskan kepada anak maupun cucu bangsa ini negara demokrasi yang lebih baik dan berkualitas lagi,” ucap anggota Bawaslu Bali Divisi Pengawasan Pemilu dan Hubungan Lembaga I Wayan Widyardana Putra, saat menjadi narasumber Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Tahun 2021 yang diselenggarakan Bawaslu Karangasem di Taman Surgawi Resort and Spa, Karangasem, Sabtu (4/12).

Widi panggilan akrab Widyardana, mengatakan pentingnya membangun kesadaran masyarakat dalam mengawasi pemilu maupun pemilihan. Widi menambahkan, dengan kesadaran dan rasa mencintai pemilu akan memberikan dampak yang baik, menginisiasi gerakan sosial menjadi gerakan politik pengawasan pemilu oleh masyarakat selaku subyek pemilu. Dengan demikian rasa cinta pemilu akan makin kuat.

“Kesadaran dan rasa cinta masyarakat terhadap pemilu harus kita bangkitkan, karena jika sudah cinta, membuat kita rela melakukan apapun untuk yang dicintai (pemilu),” ujar Widi.

Senada hal tersebut, anggota Bawaslu Karangasem I Nengah Putu Suardika  mengajak undangan untuk berperan serta mengawasi jalannya pemilu, baik sebelum maupun sesudah tahapan dilaksanakan. “Saya mengajak untuk mengawasi jalannya pemilu dari awal tahapan sampai pelaksanaan,” ujar Suardika.

Suardika mendorong agar elemen masyarakat dan undangan yang hadir kemarin ikut serta mensosialisasikan akan pentingnya pengawasan dalam pemilu. “Kami harapkan bapak ibu yang hadir di sini, ikut berpartisipasi mengawasi pemilu. Paling tidak bisa memberikan informasi awal kepada kami kalau ada dugaan pelanggaran. Kami akan lakukan pencegahan terlebih dahulu, jika tidak bisa baru kami tindak,” kata Kordiv Pengawasan dan Hubal Bawaslu Karangasem ini.

Sosialisasi mengundang sejumlah elemen masyarakat seperti Club Motor Kuda Liar Karangasem, Yamaha NMax Chapter Indonesia (YNCI) Karangasem, Bikers Sport Karangasem (BSK), Club Motor I-Ride, Karangasem Scooter Club (KSC), Club Motor F1ZR Mania Bali Raya, Komunitas Seni Wasesa Ananta Karangasem, dan Sanggar Seni Surya Candra Puri Gede Karangasem. *nat

Komentar