nusabali

BIN Daerah Bali Target Vaksinasi 13.600 Orang

  • www.nusabali.com-bin-daerah-bali-target-vaksinasi-13600-orang

DENPASAR, NusaBali.com - Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Bali, terus menggencarkan program vaksinasi Covid-19. BIN Daerah Bali menargetkan bisa menyasar 13.600 orang tervaksin pada Desember 2021.

Kepala BIN Daerah (Kabinda) Bali, Brigjen Pol Hadi Purnomo di sela-sela vaksinasi massal di Masjid Al-Ihsaan Inna Grand Bali Beach Sanur, Sabtu (4/12/2021) pagi, mengatakan kegiatan vaksinasi ini merupakan salah satu program pusat yang dilaksanakan secara serentak di 34 provinsi. 

Hingga saat ini, capaian vaksinasi yang diselenggarakan oleh BIN Daerah Bali, dari target 13.600 yang ditetapkan pada Desember 2021, masih dikisaran 1.000 orang yang tervaksin. 

Brigjen Pol Hadi Purnomo, mengungkapkan pusat memberikan tanggung jawab 13.600 orang tervaksin kepada BIN Daerah Bali, khusus untuk Desember 2021. Karena mengaca pada sebelumnya, BIN Daerah Bali mampu melampaui target pada November 2021 lalu, yakni dari target 3.000 orang, namun yang mengikuti vaksinasi 3.200 orang. 

Mereka berasal dari berbagai kalangan masyarakat, baik yang mengantongi KTP Bali maupun luar Bali. "Kami membantu pemerintah provinsi maupun daerah. Hampir semua kabupaten sudah kami laksanakan,” katanya. 

Brigjen Pol Hadi Purnomo lebih lanjut mengatakan, wilayah Bali jika dilihat dari data, masyarakat yang telah mendapatkan vaksin sudah melampaui target. Vaksin pertama sudah mencapai hampir 100 persen. Dan untuk vaksinasi tahap kedua sudah hampir 89 persen. 

Jika dibandingkan dengan provinsi lain, Bali merupakan urutan kedua di Indonesia setelah Jakarta.

Masih menurut Brigjen Pol Hadi Purnomo, meskipun capaian jumlah vaksinasi Bali telah banyak, namun BIN Daerah Bali juga mengalami kendala untuk menemukan warga  yang belum divaksin. 

Pengalaman ini terjadi ketika melaksanakan vaksin di Kabupaten Jembrana. Petugas harus pontang-panting mencari warga yang belum tervaksin. "Kami mencari untuk penduduk yang belum melaksanakan vaksin. Apalagi saat di Jembrana kemarin. Kami mencari dari rumah ke rumah," kata Brigjen Pol Hadi Purnomo.

Setelah ini, BIN Daerah Bali juga akan menjadwalkan vaksinasi massal di Banjar Munang-Maning, Desa Pemecutan Kelod, Kecamatan Denpasar Barat pada 8 Desember 2021 mendatang. 

Kemudian, pada 9 Desember 2021 di Kabupaten Karangasem dan pada 13 Desember 2021 di Kabupaten Tabanan. *asa

Komentar