nusabali

75 Desa di Karangasem Rancang APBDes

  • www.nusabali.com-75-desa-di-karangasem-rancang-apbdes

AMLAPURA, NusaBali
Sebanyak 75 desa di Karangasem sedang menyusun rancangan APBDes (Anggaran Pendapatan Belanja Desa) tahun 2022.

Beberapa desa telah tuntas menyusun RAPBDes dan verifikasi di kantor camat. Menyusun RAPBDes mengacu Siskeudes (sistem keuangan desa) yang dikembangkan BPKP (Badan Pengawasan Keuangan Pembangunan).

Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Karangasem, I Komang Agus Sukasena mengatakan penyusunan RAPBDes dengan deadline 31 Desember. “Sudah ada pedoman menyusun RAPBDes menggunakan aplikasi Siskeudes,” ungkap Komang Agus Sukasena, Jumat (3/12). Penyusunan RAPBDes memuat pendapatan, belanja, dan pembiayaan. APBDes disusun berdasarkan peraturan desa yang menyangkut RKA desa disusun masa satu tahun anggaran berlaku 1 Januari-31 Desember.

Rancangan RAPBDes dibahas dan disepakati antara perbekel bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD), LPM, dan perwakilan masyarakat. Sementara Ketua Forum Perbekel Karangasem I Gede Partadana yang juga Perbekel Bebandem mengaku telah menuntaskan penyusunan RAPBDes 2022. “RAPBDes 2022 sedang diverifikasi di Kantor Camat Bebandem,” kata Partadana. Ketua Forum Perbekel Kecamatan Abang I Nengah Karyawan yang juga Perbekel Purwa Kerthi juga sudah selesai menyusun RAPBDes 2022. “Kami susun RAPBDes 2022 menggunakan aplikasi Siskeudes,” jelas perbekel dari Banjar Dinas Biaslantang Kaler. *k16

Komentar