nusabali

9 Purna Paskibraka Ditetapkan Sebagai Duta Pancasila

  • www.nusabali.com-9-purna-paskibraka-ditetapkan-sebagai-duta-pancasila

SINGARAJA, NusaBali
Para Purna Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Buleleng ditetapkan menjadi Duta Pancasila oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila Nomor 214 Tahun 2021 tercatat sebanyak 9 orang Purna Paskibraka yang telah ditindaklanjuti oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik atau Kesbangpol Kabupaten Buleleng.

Mereka adalah Gede Andre Surya Krismawan asal SMA Taruna Mandara, Gede Pidie Prasetya asal SMA Negeri 2 Singaraja, Kadek Dwi Yostika Adi Prasetya asal SMA Negeri Bali Mandara, Komang Ayu Restiani asal SMA Negeri 1 Sukasada, Komang Fai Kurnia Saputra asal SMA Negeri 1 Banjar, Komang Gita Triyani asal SMA Negeri 1 Singaraja, L Dinda Prameswari asal SMA Negeri Singaraja, Ni Komang Bintang Oristia asal SMA Negeri Bali Mandara, Putu Arinia Gintani asal SMA Negeri 2 Singaraja.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Buleleng, Komang Sumertajaya mengatakan, Duta Pancasila Kabupaten Buleleng yang telah ditetapkan itu nantinya akan berperan sebagai pelopor untuk membumikan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat Buleleng bersama-sama dengan Forum Pembauran Kebangsaan atau FPK. "Nanti mereka akan bersama-sama memberikan sosialisasi terkait 4 pilar kebangsaan," terangnya.

Bentuk kegiatan yang dilakukan para Duta Pancasila antara lain seminar, workshop, dialog, wawancara, sosialisasi, dan kemah.  Namun untuk saat ini akibat pandemi Covid-19 yang membatasi kegiatan masyarakat, pihaknya ke depannya akan menggelar kegiatan tersebut secara terbatas. "Nantinya saat semua sudah normal kembali maka beberapa kegiatan itu akan direalisasikan," tutup Sumertajaya.*mz

Komentar