nusabali

Nadeo Masuk Timnas Piala AFF

  • www.nusabali.com-nadeo-masuk-timnas-piala-aff

JAKARTA, NusaBali
PSSI mengumumkan 30 pemain Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020. Isinya skuad yang menjalani Pemusatan Latihan (TC), plus tambahan lima pemain baru.

Diantara lima permain baru itu, terdapat kiper Bali United Nadeo Argawinata, serta Ernando Ari, Rizki Ridho, Rizki Dwi, dan Syahrian Abimanyu..

Kelimanya bergabung 25 pemain yang ikut TC di Turki dan ikut dibawa ke Singapura. PSSI pun mendaftarkan lima pemain tambahan karena AFF mengizinkan peserta mendaftarkan 30 pemain.

Itu artinya skuad tersebut adalah tim bayangan yang disiapkan Shin Tae-yong sejak awal untuk Piala AFF. Buktinya, semua pemain yang ikut Turki ikut disertakan ke ajang dua tahunan itu.

Adapun lima pemain tambahan semuanya berposisi pemain bertahan. Nadeo dan Ernando adalah kiper. Sedangkan Rizki Ridho dan Rizki Dwi adalah bek tengah dan bek sayap. Khusus Syahrian sebenarnya tak terhitung sebagai pemain tambahan karena dia disertakan ke Turki.
Namun Syahrian absen karena cedera.

Sementara itu, Elkan Baggott dan Egy Maulana Vikri ikut disertakan. Sebelumnya kedua pemain itu disebut-sebut tak akan ikut karena memperkuat klub Eropa yang kompetisinya berjalan beriringan dengan Piala AFF.

Sementara itu, Persebaya Surabaya menjadi klub penyumbang pemain terbanyak, yakni empat pemain Rizki Ridho, Ernando Ari, Ricky Kambuaya, dan Rachmat Irianto.

Sedangkan Bali United dan Arema FC di bawahnya dengan jumlah tiga pemain; yakni Rizki Dwi, Kushedya Yudo, dan Dedik Setiawan. Bali juga tiga pemain yakni Nadeo Argawinata, Kadek Agung Widnyana, dan Yabes Roni.

Sisanya, klub lain hanya mengirim dua pemain, Bahkan banyak yang hanya satu pemain, seperti Madura United, Persita Tangerang, atau Borneo FC. Artinya hanya Persebaya, Bali United, dan Arema yang terdampak batalnya pembatasan pemanggilan jumlah pemain.

Sebelumnya, PSSI sempat menerapkan pembatasan pemanggilan maksimal dua pemain per klub. Hal itu dilakukan karena kompetisi Liga 1 2021 tetap berjalan demi mengejar target beres pada Maret 2022.

Pada akhirnya Liga 1 tetap berjalan, tapi sampai 14 Desember. Rencana semula, Liga 1 baru berakhir 24 Desember yang merupakan akhir dari Seri 3 dan putaran pertama.

Pekan ke-15 Liga 1 digelar 2-5 Desember dan pekan ke-16 pada 6-10 Desember. Di sisi lain, Timnas Indonesia akan memainkan fase grup Piala AFF pada 9, 12, 15, dan 19 Desember.*

Komentar