nusabali

Bupati Suwirta Ajak Puputan Melawan HIV/AIDS

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-ajak-puputan-melawan-hivaids

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menghadiri acara peringatan Hari AIDS Sedunia 2021 di Monumen Ida Dewa Agung Jambe, Semarapura, Klungkung, Rabu (1/12). Bupati Suwirta mengajak puputan melawan HIV/AIDS.

Peringatan Hari AIDS sedunia sebagai usaha meningkatkan pengetahuan, kesadaran, kemandirian masyarakat dalam pencegahan, pengendalian HIV/AIDS, dan infeksi menular seksual (IMS). Acara ini dihadiri Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, Ketua DPRD Klungkung Anak Agung Gde Anom, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, dan lainnya.

Bupati Suwirta mengatakan banyak warga yang terinfeksi menutup diri dan menyembunyikan identitasnya. “Pemerintah sudah membuka diri dengan berbagai upaya pencegahan dan penanggulangan,” ujar Bupati Suwirta. Bupati mengingatkan masyarakat lebih peduli tentang kesehatan terutama pencegahan HIV/AIDS. “Jangan sampai terjangkit virus ini. Penyakit ini bisa dicegah dengan membatasi pergaulan dan menjaga pola hidup sehat,” ujar Bupati Suwirta. Menurut Bupati Suwirta, Spirit Gema Santi dapat mencegah penyebaran HIV/AIDS. Bersama-sama mengajak masyarakat menanggulangi AIDS. “Mari berantas sarang-sarang penyebaran AIDS dan menutup cafe remang-remang. Ini cara yang mudah untuk mencegah penularan HIV,” kata Bupati Suwirta.

Kadis Kesehatan Klungkung, dr Ni Made Adi Swapatni mengatakan, peringatan Hari AIDS sedunia juga dikaitan dengan perayaan Hari Kesehatan Nasional dengan tema Akhiri Ketimpangan, Akhiri HIV/AIDS. Dr Adi Swapatni mengatakan, masih ada stigma dan diskriminasi terhadap orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Stigma ini menjadi salah satu penghalang edukasi masyarakat tentang pentingnya deteksi HIV melalui konseling dan tes sukarela (KTS). dr Adi Swapatni berharap sosialisasi dan edukasi digencarkan agar tidak ada diskriminasi terhadap ODHA.

Setiap tahun ditemukan kasus HIV baru di Klungkung. Rata-rata 40-50 orang per tahun. Dari tahun 2017-2021 penderita HIV/AIDS sebanyak 216 orang, meninggal 11 orang. Penanganan HIV/AIDS di Klungkung bekerja sama dengan yayasan dan swasta. Menetapkan RSUD Klungkung sebagai rumah sakit pengampu. Puskesmas di Kecamatan Nusa Penida sebagai puskesmas satelit untuk mendekatkan pengobatan kepada ODHA. Peringatan AIDS hari ini juga diisi dengan membagikan mawar merah dan brosur kepada pengendara di depan Monumen Ida Dewa Agung Jambe. Memberikan 57 paket sembako kepada ODHA. *wan

Komentar