nusabali

Musim Hujan, Jalan Menuju Lantai Atas Pasar Banyuasri Tuai Keluhan karena Licin

  • www.nusabali.com-musim-hujan-jalan-menuju-lantai-atas-pasar-banyuasri-tuai-keluhan-karena-licin

SINGARAJA, NusaBali
Jalan akses menuju parkir rooftop Pasar Banyuasri dikeluhkan karena licin, terutama saat diguyur hujan.

Bahkan beberapa waktu lalu sempat membuat pengunjung pasar terjatuh ketika turun dari rooftop dengan kendaraan roda dua. Satu unit mobil pick up juga sempat selip saat menanjak di jalan tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Buleleng I Putu Adiptha, Rabu (1/12), mengatakan secara rencana pembangunan dan eksekusi, bagian jalan menuju rooftop Pasar Banyuasri sudah didesain aman. Bahkan di bagian bawah jalan sudah dilapisi dengan lapisan anti selip. Kemiringan jalan juga sangat landai dan aman, tak lebih dari 30 derajat. “Secara desain sudah sangat aman. Bahkan jalan menuju rooftop di Pasar Banyuasri paling landai jika dibandingkan dengan mal atau bangunan yang punya desain rooftop, karena lahannya luas sehingga kemiringannya hanya 30 persen,” ungkap Adiptha.

Desain bangunan dan eksekusi yang sudah sesuai dengan standar, juga sudah menjalani pengujian teknis sebelum diserahterimakan. “Dulu sebelum diserahterimakan, kami sudah sempat uji coba dengan disiram air dan uji kebocoran. Di rooftop juga sempat direndam air selama 3 minggu penuh untuk mengetahui kualitas dan kondisi bangunan,” ungkap Adiptha.

Meskipun begitu, Dinas PUTR akan mengecek langsung ke lokasi terkait keluhan pengunjung pasar karena jalan licin. Adiptha mengatakan akan segera melakukan perbaikan jika memang diperlukan. “Sebenarnya karena belum terbiasa saja. Kalau naik atau turun memang harus pakai persneling kecil,” imbuh dia.

Sementara itu sejak diresmikan pada Maret 2021 lalu, Pasar Banyuasri saat ini masih dalam masa pemeliharaan rekanan yakni PT Tunas Jaya Sanur. Pemeliharaan bangunan yang masih tanggung jawab rekanan dilakukan selama dua tahun sejak diserahterimakan. *k23

Komentar