nusabali

Pelantikan Perbekel Hasil Pilkel Serentak Digelar 18 Desember

  • www.nusabali.com-pelantikan-perbekel-hasil-pilkel-serentak-digelar-18-desember

SINGARAJA, NusaBali
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Buleleng telah menetapkan tanggal pelantikan perbekel terpilih hasil Pemilihan Perbekel (Pilkel) serentak di 40 desa.

Sebanyak 41 orang perbekel terpilih termasuk satu perbekel Penggantian Antar Waktu (PAW) Desa/Kecamatan Gerokgak, akan dilantik bersamaan pada, Sabtu (18/12) mendatang. Kepala Dinas PMD Buleleng, I Nyoman Agus Jaya Sumpena dihubungi Rabu (1/12) mengatakan waktu pelantikan itu sudah mendapat persetujuan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana. Tanggal pelantikan pun dipilih karena merupakan hari baik yang bersamaan dengan rahina Purnama Kapitu, Saniscara Kliwon Krulut.

Sedangkan saat ini Dinas PMD masih memproses penerbitan Surat Keputusan (SK) 41 Perbekel yang akan dilantik. Seluruh syarat administrasi dan kelengkapan yang diusulkan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) masing-masing desa sudah disodorkan ke Bagian Hukum Setda Buleleng.

“SK-nya saat ini sudah dalam proses. Kami sudah serahkan ke Bagian Hukum untuk dikoreksi sebelum ditandatangani Bapak Bupati Buleleng, sebagai kepala daerah. Semua desa yang melaksanakan Pilkel serentak termasuk yang PAW kemarin sudah semuanya masuk, sekarang tinggal menunggu saja,” jelas Jaya Sumpena.

Mantan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Buleleng ini juga mengatakan seluruh proses Pilkel Serentak di 40 desa Buleleng yang terselenggara pada 30 Oktober lalu, berjalan sangat lancar. Agus Sumpena pun menjelaskan hampir tidak ada kendala yang ditemukan di seluruh tahapan Pilkel Serentak.

Meskipun sempat ada satu keberatan yang muncul atas proses Pilkel Desa Kayuputih, Kecamatan Banjar, Buleleng. Hanya saja keberatan yang diajukan oleh salah satu calon perbekel disebut Agus Sumpena tidak memenuhi unsur. Sebab keberatan yang diadukan tak berkaitan dan tidak mempengaruhi hasil pemilihan.

“Kami bersyukur dan berterimakasih kepada seluruh panitia dan masyarakat Buleleng di desa pelaksanaan Pilkel Serentak, karena telah mampu menjaga kondusifitas dan keamanan selama tahapan berjalan. Mudah-mudahan terus lancar hingga pelantikan nanti selesai dilakukan,” harap dia. Sebelumnya diberitakan, sebanyak 40 desa di Kabupaten Buleleng melaksanakan Pilkel Serentak. Pesta demokrasi di tingkat desa ini disambut antusias oleh seluruh masyarakat, dengan munculnya 123 orang calon perbekel. Dari hasil pemilihan serentak yang dilaksanakan pada 30 Oktober lalu, 13 orang perbekel terpilih adalah calon incumbent dan 23 orang sisanya adalah calon new comer (pendatang baru). *k23

Komentar