nusabali

Suarjaksa: Belum Ada Figur Tepat

Suksesi Kepemimpinan di KONI Bali

  • www.nusabali.com-suarjaksa-belum-ada-figur-tepat

BANGLI, NusaBali
Ketua Umum KONI Kabupaten Bangli Sang Kompyang Suarjaksa menilai belum ada figur yang pas dan tepat memimpin KONI Bali.

Menurutnya, figur yang muncul selama ini belum sebanding dengan Ketua Umum KONI Bali, I Ketut Suwandi yang sukses membawa Bali masuk lima besar nasional pada PON XX 2020 di Papua.

"Saya belum lihat ada figur yang pas sampai saat ini, mungkin karena prestasi Bali di ajang PON lalu cukup bagus, sehingga figur belum terlihat melakukan pergerakan sebagai calon Ketum KONI Bali," ucap Sang Kompyang Suarjaksa Rabu (1/12).

Pendapat Suarjaksa itu terkait dengan gelaran Musprov Bali, dengan agenda utama pemilihan Ketua Umum KONI Bali periode 2021-2025, yang kemungkinan baru digelar awal tahun 2022. Menurut Sang Kompyang Suarjaksa, calon yang muncul selama ini harus paham betul pengelolaan olahraga di Bali.

“Figur Ketut Suwandi santai namun tegas dan paham olahraga,”kata Kompyang Suarjaksa, yang juga mantan Caleg DPRD Bangli dari PDI Perjuangan itu.

Karena itu, kata Suarjaksa, figur kedepannya harus memiliki komitmen tinggi terhadap pengembangan olahraga. Termasuk membangun olahraga lewat sistem pembinaan dan program yang jelas.

Selain itu, kata Kompyang Suarjaksa, ketua umum KONI Bali harus paham manajemen dan pengembangan olahraga dalam konteks prestasi. Dia berharap siapapun figur yang memimpin sudah paham betul karakter  dan pengembangan olahraga.

"Ketum KONI kabupaten yang muncul selama ini, saya lihat belum saatnya memimpin KONI Bali," kata Suarjaksa.

Terlepas apa yang dilakukan di level labupaten, Suarjaksa, melihat program belum berjalan maksimal. Apalagi nanti akan memiliki tantangan besar Kontingen Bali di ajang PON XXI 2024 di Sumut dan Aceh.

"Pemimpin KONI Bali itu pemikir dan fokus peningkatan prestasi atlet di level nasional, sehinga banyak atlet handal bermunculan yang bisa diandalkan Bali nantinya," kata Sang Kompyang Suarjaksa. *dek

Komentar