nusabali

Bupati Gede Dana Bantu Modal Usaha 897 IKM

  • www.nusabali.com-bupati-gede-dana-bantu-modal-usaha-897-ikm

AMLAPURA, NusaBali
Bupati Karangasem I Gede Dana membantu modal usaha untuk 897 IKM (industri kecil menengah) melalui program BSU (bantuan stimulus usaha) senilai Rp 561,97 juta.

Bantuan ini untuk menumbuhkan ekonomi kerakyatan yang terdampak pandemi Covid-19. Bupati Gede Dana menyerahkan bantuan IKM secara simbolis didampingi Plt Kadis Perindustrian dan Perdagangan Karangasem I Gede Loka Santika di Lapangan Tanah Aron, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Senin (29/11).

Bantuan untuk IKM tersebar di 8 kecamatan. “Bantuannya bertahap, sementara untuk 897 IKM. IKM berikutnya menyusul, menyesuaikan kemampuan keuangan pemerintah,” jelas Bupati Gede Dana. Di Karangasem ada ribuan IKM dari berbagai produk olahan. Industri kecil di Karangasem sebanyak 14.554 unit usaha, industri rumah tangga 292 unit usaha yang menyerap 14.846 tenaga kerja. Industri golongan industri sebanyak 27.427 unit, terdiri dari industri kayu, industri anyaman, industri komik lontar, industri sapu lidi, industri logam, industri besi, industri alat angkut, industri tekstil, industri aneka, dan lainnya.

Bupati Gede Dana mengungkapkan, pemerintah tidak tutup mata terhadap IKM yang terdampak pandemi Covid-19. Pemerintah mengupayakan agar IKM tetap mampu bertahan. Inovasi lain yang perlu diperjuangkan agar IKM tetap bisa berproduksi dengan restrukturisasi kredit, memberikan kredit lunak atau kredit tanpa bunga. IKM juga sebagai penopang utama perekonomian daerah. Selama pandemi Covid-19, IKM mengalami penurunan pendapatan karena daya beli masyarakat secara umum menurun. IKM juga kesulitan modal produksi sehingga banyak IKM belum mampu menyediakan bahan baku. *k16

Komentar