nusabali

Bupati Suwirta Pimpin Rakortas Kemiskinan

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-pimpin-rakortas-kemiskinan

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memimpin rapat koordinasi terbatas (Rakortas) di ruang rapat Kantor Bupati Klungkung, Selasa (30/11).

Rakortas yang dihadiri Wakil Bupati I Made Kasta selaku Ketua Tim Penanggulangan Kemiskinan membahas sinkronisasi data kemiskinan di gumi serombotan. Rakortas dihadiri Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Putu Minarni, Kepala Baperlitbang Klungkung Anak Agung Gede Lesmana, dan lainnya.

Bupati Suwirta mengatakan, kemiskinan merupakan permasalahan paling krusial. Harus bergerak cepat karena kemiskinan berubah setiap saat. Bupati Suwirta meminta data kemiskinan dipilah menjadi dua yakni kemiskinan permanen dan kemiskinan tidak permanen. “Kemiskinan permanen diberikan bantuan, yang tidak permanen bisa diberikan pelatihan. Siap berangkat ke kapal pesiar,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta juga berharap data BPS harus sama dengan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Alasannya, pendataan kemiskinan harus difokuskan dan disinkronkan dengan data BPS. Wabup Kasta selaku Ketua Penanggulangan Kemiskinan meminta adanya pengembangan mekanisme dan validasi secara berkala dengan data akurat agar tepat sasaran. Perbedaan pada indikator penganalisaan data kemiskinan dilakukan evaluasi dan monitoring program-program penanggulangan kemiskinan. “Melalui tim ini agar datanya tetap sinkron,” pinta Wabup Kasta.

Kepala BPS Karangasem Putu Minarni menjelaskan paradigma psikologis kemiskinan banyak bertambah di masa pandemi Covid-19. Orang yang rawan miskin selama pandemi menjadi miskin permanen. Kepala Baperlitbang Klungkung, Anak Agung Gede Lesmana saat dikonfirmasi belum bisa menyampaikan karena masih dalam pembahasan. “Kami masih membahas pendataannya, akan dirapatkan lagi secara teknis,” kata Agung Lesmana. *wan

Komentar