nusabali

Pohon Tumbang dan Tanah Longsor Hambat Akses Jalan Tegallalang

  • www.nusabali.com-pohon-tumbang-dan-tanah-longsor-hambat-akses-jalan-tegallalang

GIANYAR, NusaBali.com – Curah hujan tinggi yang mengguyur wilayah Kabupaten Gianyar menyebabkan tanah longsor dan pohon tumbang. Seperti yang terjadi di wilayah Pura Duur Bingin, Desa Tegallalang, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Selasa (30/11/2021) siang.

Akibatnya tanah longsor dan pohon tumbang pada pukul 11.30 Wita tersebut menutupi setengah badan jalan yang merupakan akses menuju Banjar Kelabang Moding, Ubud, dan sempat menyebabkan terhambatnya lalu lintas untuk beberapa saat. “Pohon yang tumbang yakni jenis pohon enau, tidak terlalu tinggi. Hanya saja tanah yang longsor kalau dibiarkan bisa membahayakan pengendara yang melintas,” ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Gianyar I Gusti Ngurah Dibya Prasesta.

Tim Reaksi Cepat BPBD Gianyar bersama jajaran Polsek Tegallalang yang dipimpin langsung oleh Wakapolsek Tegallalang Iptu I Ketut Artika bahu-membahu menangani longsoran tanah dan pohon yang tumbang.

Dalam bencana alam yang terjadi kali ini, tidak menimbulkan kerugian maupun korban luka atau korban jiwa. Tidak perlu membutuhkan waktu yang lama, pukul 12.45 Wita, longsoran tanah serta pohon yang tumbang telah berhasil ditangani dan lalu lintas berjalan normal kembali.

I Gusti Ngurah Dibya Prasesta menambahkan agar masyarakat selalu waspada mengingat belakangan wilayah Kabupaten Gianyar dilanda curah hujan yang cukup tinggi. “Karena bencana alam sulit diprediksi, jadi sebaiknya antisipasi guna menghindari hal yang tidak diinginkan,” tegasnya.

Sementara itu Iptu Ketut Artika mengimbau agar masyarakat terutama para pengendara selalu berhati-hati saat harus berkendara pada kondisi hujan, dikarenakan jalan akan menjadi relatif licin, serta rawan bencana alam seperti tanah longsor, dan pohon tumbang. “Berhati-hati saat berkendara tidak hanya untuk mengamankan diri sendiri, tapi juga untuk pengendara lainnya,” tutupnya. *rma

Komentar