nusabali

Lubang Buang Kecil, Bypass Dharma Giri Tergenang Banjir

  • www.nusabali.com-lubang-buang-kecil-bypass-dharma-giri-tergenang-banjir

GIANYAR, NusaBali
Sejumlah pengendara nekat menerobos genangan air akibat hujan di Bypas Dharma Giri Gianyar, Senin (29/11).

Genangan banjir setinggi lutut orang dewasa ini juga tampak butek. Kondisi ini karena di kiri dan kanan jalan saat ini sedang ada proyek pembuatan taman dan trotoarisasi.

Air hujan diduga tergenang karena saluran pembuang ukuran relatif kecil dibanding volume air. Salah satu pengguna jalan, Made Gunarta mengatakan terpaksa menerobos karena harus bekerja tepat waktu. Pengendara inipun mengangkat kedua kakinya agak tidak kena cipratan air yang bisa jadi membuat kotor pakaian kerjanya.

Made Gunarta berharap agar pemerintah atau instansi terkait dapat menangani hal tersebut. Apalagi saat ini memasuki musim hujan. "Supaya lebih elok nanti kelihatannya. Percuma trotoar bagus isi taman, kalau hujan jalanan ini banjir. Airnya butek lagi," ujarnya.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar I Gusti Ngurah Dibya Presasta mengatakan banjir di Bypas Dharma Giri ibaratkan penyakit menahun. "Drainasenya kecil. Kalau sudah hujan, pasti seperti itu. Mau diugug berapa kali juga tetap seperti itu. Karena pembuangannya sekitar dua atau tiga inci dan hanya satu aliran," jelasnya. Atas kondisi ini, BPBD Gianyar sudah berkoordinasi dengan Camat Gianyar untuk diteruskan ke Dinas PU.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Gianyar I Wayan Karya mengatakan, jalan tersebut merupakan kewenangan Dinas PU Bali. Namun terkait banjir ini, pihaknya telah turun ke lapangan bersama Dinas PU Bali dalam mencarikan solusi permasalahan. "Saat ini kami sedang ke lapangan bersama PU Bali untuk mengatasi persoalan ini," ujarnya.

Dia membenarkan bahwa kondisi tersebut akibat saluran dairane yang kecil. "Memang setiap hujan terjadi seperti itu, karena saluran yang sempit. Akan segera diatasi," terangnya. *nvi

Komentar