nusabali

Longsor Rusak Rumah Warga Sidetapa

  • www.nusabali.com-longsor-rusak-rumah-warga-sidetapa

SINGARAJA, NusaBali
Hujan deras disertai angin kencang pada Senin (29/11) dinihari mengakibatkan tanah longsor di Banjar Dinas Delod Pura Banjar Belong, Desa Sidetapa, Kecamatan Banjar, Buleleng.

Bangunan rumah milik warga Sidetapa, rusak parah karena dihantam material longsoran tebing di sebelahnya. Akibatnya, pemilik rumah kini harus mengungsi.

Tanah longsor di Desa Sidetapa menimpa rumah milik dadong (nenek) Ketut Tomat, 69. Musibah tersebut terjadi Senin sekitar pukul 02.00 Wita. Musibah itu terjadi sesaat setelah hujan deras mengguyur kawasan Sidetapa dan sekitarnya. Tebing badan jalan di belakang rumah Ketut Tomat tiba-tiba ambruk dan merusak dapur rumahnya.

Beruntung saat musibah itu terjadi, korban Ketut Tomat sedang berada di dalam kamar sehingga tak sampai mengalami luka-luka. Korban yang tinggal sendirian kini terpaksa mengungsi di rumah kerabatnya agar tetap aman. Kerusakan cukup parah di bangunan rumah semi permanen itu diperkirakan mengalami kerugian hingga Rp 10 juta.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng Putu Ariadi Pribadi, menyampaikan musibah tersebut sudah dilaporkan oleh Pemerintah Desa Sidetapa. BPBD Buleleng juga telah mengirim Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk mengidentifikasi kerusakan yang dialami korban. “Kami sudah melakukan assessment, dan memberikan bantuan logistik, terpal, serta perlengkapan MCK kepada korban,” ujar Ariadi.

Kata Ariadi, TRC BPBD Buleleng bersama TNI-Polri, masyarakat, dan aparat desa setempat juga sudah bergotong royong membersihkan material longsor di rumah korban. “Karena rumah mengalami kerusakan, korban saat ini mengungsi di rumah kerabatnya agar tetap aman. Untuk bantuan perbaikan rumah, akan kami usulkan ke BPBD Bali,” tandas mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Buleleng ini. *mz

Komentar