nusabali

Bupati Sedana Arta Rotasi 19 Pejabat Eselon II Bangli

Terjadi Tukar Guling Jabatan Direktur RSU Bangli dan Kadis Kesehatan

  • www.nusabali.com-bupati-sedana-arta-rotasi-19-pejabat-eselon-ii-bangli

BANGLI, NusaBali
Bupati Sang Nyoman Sedana Arta lakukan mutasi besar-besaran pertama sejak dilantik menjadi orang nomor satu di Bangli, Februari 2021 lalu. Ada 19 pejabat Eselon II Pemkab Bangli yang dikocok ulang Bupati Sedana Arta dalam mutasi yang digelar bertepatan peringatan Hari Korpri, Senin (29/11).

Termasuk di antaranya tukar guling jabatan antara Kepala Dinas Kesehaatan Bangli dan Direktur RSU Bangli. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan 19 pejabat Eselon II hasil mutasi tersebut dilakukan Bupati Sedana Arta di Ruang Krisna Setda kabupaten Bangli, Senin siang sekitar pukul 14.00 Wita. Acara pelantikan dihadiri pula Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, Ketua DPRD Bangli I Ketut Suastika, Sekda Kabupaten Bangli Ida Bagus Gede Giri Putra.

Selain 19 pejabat Eselon II, Bupati Sedana Arta juga merotasi 4 pejabat Eselon III Peemkab Bangli. Termasuk di antaranya Camat Kintamani I Wayan Bona yang dirotasi ke posisi Sekretaris Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Bangli dan Camat Tembuku Ida Bagus Putu Suandi yang diratasi ke posisi Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk-Keluarga Berencana-Perlindungan Perempuan-Anak.

Dalam mutasi pejabat Eselon II Pemkab Bangli kemarin, ada dua dokter yang tukar guling jabatan, yakni dr I Nengah Nadi dan dr Nyoman Arsana. Dalam rotasi ini, dr Nengah Nadi yang semula menjabat Kadis Kesehatan Bangli, dialihkan menjadi Di-rektur RSU Bangli. Sebaliknya, dr Nyoman Arsana yang semula menjabat Direktur RSU Bangli dialihkan menjadi Kadis Kesehatan.

Sementara, Putu Ganda Wijaya yang sebelumnya menjabat Kepala Bappeda Litbang dialihkan menjadi Kadis Lingkungan Hidup Bangli. Sedangkan Kadis Lingkungan Hidup sebelumnya, Ida Ayu Gede Yudi Sutha, dirotasi menjadi Kadis Sosial Bangli. Dayu Yudi Sutha menggantikan I Wayan Karmawan, yang dimutasi menjadi Kadis Perpustakaan dan Kearsiapan Bangli.

Di sisi lain, I Wayan Sugiarta yang sebelumnya menjadi Kadis Perpustakaan dan Kearsipan dialihkan menjadi Kadis Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bangli. Sugiarta menggantikan I Wayan Adnyana, yang dialaihkan menjadi Kadis Pem-berdayaan Masyarakat Desa (PMD)---untuk gantikan I Dewa Bagus Riana Putra yang juga bergeser posisi.

Dewa Bagus Riana Putra sendiri dirotasi menjadi Kepala Badan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BKPAD) Bangli, untuk menggantikan I Ketut Riang yang dialihkan ke posisi Kadis Perhubungan. Sedangkan I Made Ari Pulasari yang sebelumnya menjabat Staf Ahli Eekonom-Keuangan-Pembangunan, digeser menjadi Kadis Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Bangli. Ati Pulasari menggantikan I Made Kirmanjaya, yang dimutasi menjadi Kepala Badan Kesbangpol Bangli (Selengkapnya, lihat tabel).

Bupati Sedana Arta menegaskan, mutasi kali ini merupakan mutasi kedua setelah dirinya dilantik sebagai Bupati Bangli. Namun, ini mutasi besar-besaran pertama selama jadi Bupati Bangli. Sedangkan dalam mutasi sebelumnya, dilakukan terbatas di lingkungan RSU Bangli.

Menurut Bupati Sedana Arta, pelaksanaan mutasi merupakan hasil evaluasi kinerja selama ini. Selain itu, juga merupakan hasil uji kompetensi yang sudah mendapat rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Disebutkan, mutasi dilakukan untuk penyegaran dan juga bagian dari reformasi bi-rokrasi. "Ini bagian dari komitmen kami untuk peningkatan kinerja. Kami berharap pejabat dan ASN di Bangli dapat lebih inovatif dalam bekerja. Cara-cara yang tidak produktif mesti ditinggalkan," terang Sedana Arta.

Politisi PDIP asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Bangli ini mengatakan ada beberapa jabatan Eselon II Pemkab Bangli yang kini masih lowong alias tanpa tuan. Jabatan lowong ini nantinya akan dilelang melalui seleksi terbuka oleh Pansel. Jabatan tanpa tuan itu, antara lain, Kadis PUPR Perkim Bangli, Kadis Kependudukan & Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Kepala Bappeda Litbang, Sekwan DPRD Bangli, Kepoala Inspektorat (Inspektur) Bangli, serta Kepala Badan Kepegaweaian Daerah (BKD) dan Pengembangan SDM Bangli.

Selain itu, kata Sedana Arta, ada pula kepala dinas yang akan pensiun, Desember 2021 ini, sehingga jabatannya menjadi tanpa tuan. "Contoh yang pensiun Kepala Dinas Pariwisata Wayan Adnyana (yang baru dimutasi menjadi Kadis PMD, Red) dan Direktur RSU Bangli dr Nengah Nadi (yang baru dialihkan jadi Kadis Kesehatan). Ja-batan yang akan ditinggal pensiun nantinya bakal dilelang," tegas Bupati yang juga Ketua DPC PDIP Bangli ini.

Menurut Sedana Arta, dalam waktu dekat akan dilakukan pengumuman lelang oleh Sekda Bangli untuk pengisian jabatan-jabatan lowong. Diharapkan, Desember 2021 nanti sudah ada hasil lelang, sehingga seluruh jabatan Eselon II bisa terisi awal tahun 2022 mendatang. "Kami juga akan melakukan mutasi jabatan Eselon III dan Eselon IV lingkup Pemkab Bangli,” terang Sedana Arta.

Dalam kesempatan itu, Sedana Arta mengingatkan para pejabat Pemkab Bangli agar bekerja dengan baik. Selaku Bupati Bangli, Sedana Arta tetap akan melakukan evaluasi kinerja pejabat. "Kami akan pantau. Kalau ada yang tidak sesuai, pasti akan kami evaluasi," ancam politisi yang sempat menjadi anggotra Fraksi PDIP DPRD Bali Dapil Bangliu 2009-2010 dan dua kali periode menjabat Wakil Bupati Bangli (2010-2015, 2016-2021) ini. *esa

Komentar