nusabali

Pasar Seni Guwang Berharap PPKM Level 3 Tidak Turunkan Minat Pengunjung

  • www.nusabali.com-pasar-seni-guwang-berharap-ppkm-level-3-tidak-turunkan-minat-pengunjung

GIANYAR, NusaBali.com – Pemandangan ‘indah’ terjadi di Pasar Seni Guwang, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar melihat wisatawan domestik (wisdom) berbondong-bondong berbelanja pada Senin (29/11/2021) sore.

Hal tersebut tentunya menjadi pendongkrak semangat bagi para pedagang yang ada, terbukti meskipun diwarnai hujan gerimis, baik para pengunjung dan pedagang terlihat sangat antusias saling berinteraksi dan melakukan aktivitas jual beli seakan melampiaskan kerinduan kegiatan berpariwisata seperti sedia kala sebelum pandemi Covid-19 melanda. 

Kini setiap hari ada ratusan wisatawan yang mampir di Pasar Guwang.  “Memang dari dua pekan terakhir kunjungan mulai ada peningkatan sekitar 30 - 40 persen. Dan itu membuat para pedagang semangat melakukan aktivitas berjualan,” ujar Wayan Maja, 55, Kepala Pasar Seni Guwang, Senin (29/11/2021).

Hal yang sama dikatakan oleh Ni Kadek Ayu Nitha, 24, seorang pedagang souvenir yang ada di Pasar Seni Guwang. “Waktu masa PPKM darurat bulan Juli yang lalu, pedagang hanya buka paling lama pukul 16.00 Wita karena saking sepinya. Kalau sekarang karena sudah ada kunjungan pedagang pulang pukul 18.00 Wita,” jelasnya.


Sementara itu Yuni, seorang wisdom asal Jakarta tersebut menyatakan senang berkunjung ke Pasar Seni Guwang. “Pedagangnya ramah, fasilitas toiletnya lumayan bersih, dan harga souvenirnya relatif murah. Ini baru pertama kalinya saya ke Pasar Seni Guwang,” ujarnya.

Menanggapi penerapan kebijakan PPKM Level 3 pada libur Natal dan tahun baru, Wayan Maja mengatakan bahwa dirinya tidak keberatan terkait penerapan kebijakan tersebut, asalkan jumlah wisatawan tidak mengalami penurunan yang signifikan. “Saya menerima saja penerapan PPKM Level 3 tersebut, tapi para pedagang juga membutuhkan mata pencaharian, semoga saja kunjungan tidak turun drastis seperti saat PPKM darurat pada Juli 2021 kemarin,” ucapnya.

Terakhir Wayan Maja berharap agar pemandangan yang terjadi di Pasar Seni Guwang hari ini dapat terus bertahan, bahkan ia berharap kunjungan baik wisatawan domestik dan mancanegara dapat kembali normal seperti sedia kala sebelum pandemi Covid-19 melanda. “Saya dan para pedagang hanya ingin situasi normal kembali, dan kunjungan pulih sepenuhnya,” tutupnya. *rma

Komentar