nusabali

Puluhan Siswa dan Guru di Denpasar Positif, Tes Covid-19 Terus Dilakukan

  • www.nusabali.com-puluhan-siswa-dan-guru-di-denpasar-positif-tes-covid-19-terus-dilakukan

DENPASAR, NusaBali.com - Sekolah yang ada di wilayah Kota Denpasar masih menjalani sampling tes Covid-19 kepada para siswa, guru, maupun pegawainya.

Sejak 11 November 2021 lalu, sejumlah sekolah telah melakukan pengambilan sampel kepada siswa maupun guru dan pegawai  sebagai evaluasi kegiatan PTM (Pembelajaran Tatap Muka) terbatas yang dilakukan sejak 1 Oktober 2021.

Hasilnya, terdapat beberapa siswa ataupun guru yang terkonfirmasi positif Covid-19. “Jumlah siswa yang positif Covid-19 sebanyak 31 orang, sementara 6 orang lainnya merupakan guru,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, Senin (29/11/2021). 

Dari total 37 kasus positif, 31 orang merupakan siswa SD sebanyak 30 orang dan 1 orang siswa SMP. Sementara selebihnya merupakan guru, yakni 4 orang guru SD dan tambahan 2 orang guru SMA. 

Dengan ditemukannya kasus positif pada sekolah yang bersangkutan, maka pihak sekolah wajib menghentikan kegiatan PTM terbatas untuk sementara selama dua minggu ke depan. Adapun sekolah yang pelaksanaan PTM-nya dihentikan sementara terdiri dari 16 SD/MI, 1 SMP, serta 2 SMA.

Sampling tes PCR sendiri masih akan terus dilakukan pada sekolah yang ada di Kota Denpasar. Dari data Disdikpora Kota Denpasar sendiri menyebutkan sebanyak 1.470 siswa akan mengikuti tes swab PCR dari jenjang TK/PAUD, SD, dan SMP. “Untuk jadwal pastinya Dinas Kesehatan (Kota Denpasar) yang lebih tahu,” kata Kabid SMP, Disdikpora Kota Denpasar, Anak Agung Gede Wiratama, dikonfirmasi Senin (29/11/2021). 


Dikatakan, untuk jenjang TK/PAUD akan diikuti oleh 230 siswa dari 23 TK/PAUD di Kota Denpasar. Masing-masing TK/PAUD akan  diwakili oleh 10 orang siswa.
Untuk jenjang SD diikuti oleh 1.000 siswa dari 25 SD yang tersebar di empat kecamatan. Satu SD sampel diwakili oleh 40 orang siswa. Sementara itu, untuk jenjang SMP akan diwakili oleh 240 siswa dari 8 SMP, di mana setiap SMP diwakili oleh 30 sampel siswa.

Guru dan pegawai sekolah pun tidak luput dari pemeriksaan Covid-19. Guru dan pegawai yang akan dijadikan sampel dalam tes ini sebanyak 479 orang. Pada jenjang TK/PAUD diikuti oleh 69 orang dari 23 sekolah, di mana masing-masing sekolah ini diwakili oleh 3 orang guru dan pegawai. 

Untuk jenjang SD diikuti oleh 250 orang dari 25 sekolah, di mana masing-masing sekolah diwakili oleh 10 guru maupun pegawai. Sedangkan untuk SMP akan dilakukan tes kepada 160 orang guru maupun pegawai dari 8 SMP baik swasta maupun negeri.

Terpisah, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Denpasar, I Gusti Ayu Putu Tirtawati SPd, membenarkan jika sekolahnya termasuk yang akan menjadi lokasi pengambilan sampel tes PCR Covid-19 kepada para siswa, guru, dan pegawai. Sekolah yang berada di Jalan Surapati Nomor 2, Dangin Puri, mendapatkan jawdal pengambilan sampel awal bulan Desember. “Sudah ada jadwalnya, tanggal 3 Desember 2021,” sebut Tirtawati.  *adi

Komentar