nusabali

Menang, Xavi Akui Barca Beruntung

Tak Diberi Penalti, Pelatih Villarreal Murka

  • www.nusabali.com-menang-xavi-akui-barca-beruntung

VILLARREAL, NusaBali
Pelatih Barcelona Xavi Hernandez mengaku timnya beruntung dapat mengalahkan tuan rumah Villarreal 3-1, dalam laga pekan ke-15 Liga Spanyol, di El Madrigal, Minggu (28/11) dinihari WITA.

Raihan tiga poin itu membuat Barcelona mengamankan enam poin dari dua laga liga di bawah Xavi. Namun, penampilan Barca kurang meyakinkan setelah kemasukan gol penyeimbang Villarreal oleh Samuel Chukwueze pada babak kedua. Gol telat Memphis Depay dan pemain pengganti Philippe Coutinho akhirnya memastikan kemenangan klub Katalunya tersebut di menit-menit akhir.

“Kemenangan ini langkah penting bagi kami. Kami tidak mendominasi permainan seperti yang kami harapkan, tetapi kami bermain melawan tim yang hebat,” ujar Xavi, yang juga mantan kapten tim Barca.

Barcelona masih belum terkalahkan bersama Xavi. Namun mereka akan menghadapi serangkaian laga sulit di LaLiga dan Liga Champions sebelum akhir 2021.

Barca butuh kemenangan di markas Bayern Muenchen pada laga terakhir grup Liga Champions untuk melaju ke 16 besar, bila Benfica mengalahkan Dynamo Kiev. Sedangkan di liga domestik, Blaugrana akan menjamu Real Betis di Camp Nou akhir pekan depan.

Sementara itu, pelatih Villarreal Unai Emery murka dan sangat marah timnya tidak diberikan penalti. Emery menyoriti satu momen di mana dia menilai timnya semestinya mendapat penalti.

Momen itu adalah saat bek Barcelona, Gerard Pique menguasai bola lalu memblok tembakan pada  babak pertama. Emery menilai Pique melakukan handball. Kemudian, Raul Albiol juga meminta penalti saat dia dilanggar Eric Garcia pada babak kedua.

"Yang Albiol adalah penalti, tetapi handball Pique sangat jelas. Saya merasa kami tidak dihormati, ada banyak momen serupa sekarang. Saya tidak mengerti mengapa VAR tidak menganalisis dua insiden ini," kata Emery.

Kemenangan itu penting bagi Barcelona untuk memperbaiki posisi di klasemen sementara dan menandai kemenangan kedua Xavi di La Liga. Barca kini di peringkat ketujuh dengan 23 poin dan Villarreal di posisi 12 dengan 16 poin dari 14 laga. *ant

Komentar