nusabali

Desa Pikat Resmi Miliki Pamsimas

  • www.nusabali.com-desa-pikat-resmi-miliki-pamsimas

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meresmikan pengelolaan air bersih Pamsimas (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) di bak air Dusun Glogor, Desa Pikat, Kecamatan Dawan, Klungkung Minggu (28/11).

Peresmian ditandai penandatangan prasasti dan pemotongan pita oleh Bupati. Dalam kesempatan itu, Bupati Suwirta mengatakan, berawal dari bedah desa ditemui banyak keluhan warga yang masih mengalami kesulitan air bersih. Sehingga dimulailah proses pembangunan sistem penyediaan air bersih ini dan akhirnya kini bisa diresmikan. "Mudah mudahan dengan Pamsimas ini tidak ada lagi keluhan masyarakat yang tidak mendapatkan air," ujar Bupati Suwirta.

Setelah pembangunan sistem air bersih ini, selanjutnya pembangunan jalan di Desa Pikat sepanjang 1,5 km menjadi target.

Ketua Satuan Pelaksana (Satlak) Pamsimas Desa Pikat Wayan Subagia menyampaikan pembangunan rehabilitasi sistem penyediaan air bersih ini menghabiskan dana Rp 506.784.000. Dana tersebut berasal dari bantuan Pamsimas pusat Rp 240 juta, APBDes sebesar Rp 56.754.000, APBD Klungkung Rp 110.000.000 serta dari swadaya masyarakat Rp 100 juta.

Realisasi pasca terselesaikannya semua pekerjaan kontruksi Pamsimas ini, jumlah total pemanfaat yang sudah terakses sambungan rumah 10 KK, yang terdiri dari 40 Jiwa. Dalam proses keberlanjutan akan terproses sambungan 41 KK dan akan terselesaikan awal tahun 2022. "Target pelayanan sarana air bersih ini adalah satu dusun yakni Dusun Glogor yang terdiri dari 212 KK (800 jiwa)," ujar Wayan Subagia. Usai peresmian dilanjutkan kegiatan uji coba jaringan air yang telah terpasang ke rumah rumah warga. *wan

Komentar