nusabali

English Corner Perluas Tempat Belajar Gratis

  • www.nusabali.com-english-corner-perluas-tempat-belajar-gratis

SINGARAJA, NusaBali
Komunitas English Corner Sidetapa, kembali menambah jumlah tempat belajar bahasa Inggris secara gratis.

Kali ini, komunitas yang kerap berbagi di tengah pandemi Covid-19 ini membuka tempat belajar di Dusun Lebah Siung, Desa Panji Anom, Kecamatan/Kabupaten Buleleng.

Hingga saat ini, komunitas yang bermarkas di Desa Sidetapa, Kecamatan Banjar, Buleleng ini telah memiliki setidaknya delapan tempat belajar khusus bagi anak-anak yang ingin belajar bahasa inggris.

Salah satu pengurus English Corner, Komang Rena mengatakan, dibukanya tempat belajar di Desa Panji Anom merupakan gagasan bersama antara Komunitas Taru Hijau dan Komunitas Global Aksesa. Mereka berharap, dengan dibukanya belajar bahasa inggris ini bisa mengenalkan sejak dini kepada anak-anak kalau bahasa inggris itu penting.

Dengan membuka kelas baru ini, English Corner kembali menambah guru pengajar. Saat ini jumlah pengajar ada sebanyak 10 orang. "Kami berkolaborasi dengan tiga komunitas untuk membangun tempat belajar gratis di desa panji Anom. Kami diminta untuk membimbing anak-anak di sana," ungkap Rena, dikonfirmasi Minggu (28/11) siang.

Dalam sistem pembelajaran yang mereka bangun ini, tak memerlukan biaya sepeserpun. Hanya saja, para siswa diharapkan ketika hendak belajar agar membawa sampah untuk ditukar. Memilih untuk menggunakan sampah sebagai media pembayaran, tak lain untuk mengurangi sampah yang ada di sekitar desa  setempat.

"Antusias anak-anak di Panji Anom sangat bagus, bahkan mereka meminta belajarnya seminggu dua kali," ujar Rena. Ke depan, English Corner berencana membuka hal yang sama di Desa Selat, Kecamatan Sukasada. Saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Rena berharap, minggu depan sudah bisa dibuka untuk kelas baru. *mz

Komentar