nusabali

Lomba Baleganjur Ngarap Virtual Bangkitkan Kreativitas Seni Karawitan Klungkung

  • www.nusabali.com-lomba-baleganjur-ngarap-virtual-bangkitkan-kreativitas-seni-karawitan-klungkung

SEMARAPURA, NusaBali.com – Guna membangkitkan kembali semangat berkesenian di masa pandemi bagi pemuda atau sekaa teruna,sebuah lomba baleganjur digelar di Kabupaten Klungkung.

Ada delapan sekaa teruna yang berkompetisi dalam Lomba Baleganjur Ngarap Virtualyang digelar 22-26 November 2021 ini. “Penilaian menitik beratkan pada teknis, kreativitas gending, serta penampilan kelompok,”ujar Dek Bombom alias I Kadek Widya Sumartika, sang pemrakarsa lomba, Minggu (28/11/2021).

Akhirnya tiga juri I Komang Trisadya, I Wayan Situ Banda, dan Made Oka Aribawa  menentapkan sebagai juara I adalah Sekaa Yowana Penataran Agung, runner up Karang Taruna Desa Tojan, sedangkan juara III diraih Sekaa Gong Vidya Suara Paksebali.

“Peserta sudah banyak yang bagus, semoga ke depannya akan ada lomba-lomba seperti ini lagi, tentunya dengan bidang lainnya,” ujar Made Oka Aribawa.

Pada lomba ini, peserta yang mendaftar pada 14-17 Oktober 2021, kemudian penampilannya akan direkan oleh panitia penyelenggara, dengan masing-masing jadwal yang telah ditentukan.

Masing-masing sekaa terdiri dari 21 orang, satu pasang instrumen kendang cedugan yang dimainkan dua orang. Lalu delapan cakep instrumen ceng-ceng kopyak yang dimainkan oleh delapan orang. Delapan buah reong angkep yang dimainkan oleh empat orang. Tiga buah tawa-tawa yang dimainkan oleh tiga orang, dan instrumen musik lainnya seperti kempli, gong, kempur dan bende. “Syarat wajibnya adalah sekaa teruna adalah pemuda dari desa dinas yang ada di Kabupaten Klungkung. Lalu durasi video delapan hingga 12 menit, serta selalu menerapkan protokol kesehatan,” ungkap Dek Bombom yang juga anggota DPRD Klungkung dari Fraksi Partai Golkar ini.

Pada akhir kegiatan,Dek Bombom pun berharap agar kompetisi yang telah dilaksanakan dapat memberikan dampak positif serta merangsang kreativitas berkesenian kepada sekaa teruna yang ada di Kabupaten Klungkung, agar tetap semangat melestarikan seni dan budaya, terutama dalam bidang seni tabuh atau karawitan. *rma

Komentar