nusabali

Hindari Jalan Rusak, Dump Truk Terjungkal

  • www.nusabali.com-hindari-jalan-rusak-dump-truk-terjungkal
  • www.nusabali.com-hindari-jalan-rusak-dump-truk-terjungkal

Dump Truk DK 4902 FA bermuatan 12 kubik reng kayu terjungkal di Kilometer 121-122 Jalur Denpasar-Gilimanuk, kawasan Hutan Cekik, Lingkungan Penginuman, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Jembrana, Minggu (5/2) malam.

NEGARA, NusaBali
Dump Truk DK 4902 FA yang dikemudikan Samanhudi, 30, itu terjungkal karena menghindari jalan rusak di tikungan dekat Pura Tirta Segara Rupek.

Informasinya, kecelakaan tunggal Dump Truk DK 4902 FA bermuatan reng kayu ini terjadi sekitar pukul 21.00 Wita. Sebelum kejadian, truk yang dikemudikan Samanhudi asal Rogojampi, Banyuwangi, Jawa Timur ini meluncur dari arah barat (Gilimanuk) tujuan Denpasar untuk kirim reng kayu. Naas, begitu mendekati TKP, Samanhudi yang mengetaui medan jalan tikungan ke kiri berlubang dan bergelombang hampir sepanjang 100 meter di sisi utara jalan, ia pun berupaya mencari aman dengan masuk jalur ke kanan.

Pada saat bersaman, dari arah berlawanan meluncur mobil tak dikenal melaju dengan kencang. Mnghindari tabrakan adu jangkrik, Samanhudi banting stir ke kiri atau ke jalur semestinya. Sial, dump truk yang berusaha kembali ke jalurnya malah terpelanting ke kiri. “Roda belakang kiri mengenai lubang. Mau balik ke kanan, roda yang depan juga kena lubang, makanya terjungkal,” ujar Samanhudi, Senin (6/2).

Atas kejadian itu, Samanhudi hanya keluhkan nyeri pada bagian pinggang akibat ikut terpelanting di dalam kendaraannya. Reng kayu yang diangkut dari Gresik, Jawa Timur ikut berserakan. Selanjutnya reng kayu itu dioper untuk diangkut truk lainnya. Kondisi bangkai dump truk di tikungan jalan rusak sempat memicu kekroditan arus lalulintas, sebelum berhasil dievakuasi sekitar pukul 04.00 Wita.

Kasat Lantas Polres Jembrana, AKP I Nyoman Sukadana membenarkan kecelakaan tunggal dump truk akibat jalan rusak. Menurutnya, cukup banyak kerusakan jalan di Jalur Denpasar Gilimanuk, khususnya pada ruas jalur dari arah Gilimanuk. Karena membahayakan, sopir kerap berusaha mencari celah aman, termasuk dengan masuk ke jalur berlawanan. “Kerusakan jalan ini sudah kami laporkan kepada instansi terkait, BPJN VII Denpasar. Tetapi yang di kawasan Hutan Cekik belum ditangani,” terang AKP Sukadana.

Pantauan di lapangan, kerusakan jalan tergolong parah ini tersebar dari kawasan Hutan Cekik di Kelurahan Gilimanuk sampai dekat SPBU Sumbersari, Desa Melaya atau sepanjang Kilometer 116-124. Dump truk yang terjungkal di Kilometer 121-122 merupakan kejadian keempat kalinya. Beruntung, selama terjadi kecelakaan tunggal di tikungan dekat Pura Tirta Segara Rupek itu, tidak ada sampai menyebabkan korban jiwa. “Sambil menunggu penanganan dari BPJN VII Denpasar, kami rencana urug jalan rusak itu,” imbuh AKP Sukadana. * ode

Komentar