nusabali

DPC PDIP Buleleng Tanam 1.000 Pohon Peringati HMPI

  • www.nusabali.com-dpc-pdip-buleleng-tanam-1000-pohon-peringati-hmpi

SINGARAJA, NusaBali
Seluruh pengurus dan anggota Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Buleleng, tumpah ruah melakukan aksi penanaman pohon.

Sebanyak 1.000 pohon ditanam di sempadan jalan Banjar Dinas Asah Gobleg, Desa Gobleg, Kecamatan Banjar, Buleleng, Sabtu (27/11) pagi. Penanaman pohon yang dilakukan gotong royong tersebut dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tahun 2021.

Penanaman 1.000 pohon yang terdiri dari pohon cempaka dan alpukat tersebut dipimpin Ketua DPC PDIP Buleleng Putu Agus Suradnyana. Turut hadir Sekretaris DPC PDIP Gede Supriatna dan pentolan kader PDIP Buleleng.

Ketua DPC PDIP Putu Agus Suradnyana usai kegiatan mengatakan, penanaman pohon ini tak sekadar sebagai seremonial peringatan. Tetapi dilakukan untuk tetap menjaga ekosistem. Menurutnya HMPI yang jatuh pada November merupakan waktu yang tepat untuk menanam pohon karena  sudah mulai musim penghujan.

“Musim hujan ini akan kita manfaatkan semaksimal mungkin untuk melakukan penanaman pohon. Tidak hanya di Gobleg saja, tetapi juga nanti akan kami lakukan secara berkelanjutan di daerah lain di Buleleng,” kata Agus Suradnyana yang juga Bupati Buleleng.

Mantan Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bali ini menambahkan, sejumlah desa di Buleleng sudah masuk dalam pemetaan aksi menanam pohon DPC PDI Perjuangan. Seperti Desa Tista di Kecamatan Busungbiu, Desa Madenan di Kecamatan Tejakula, dan beberapa desa di Kecamatan Sawan.

Daerah yang disasar diprioritaskan daerah yang ada dataran tinggi, yang memiliki jumlah lereng perbukitan. Hal ini dimaksudkan selain untuk menjaga ekosistem juga menjaga vegetasi tanah, untuk mengantisipasi bencana alam ke depannya.

Kader asal Desa Banyuatis, Kecamatan Banjar, Buleleng, ini pun mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam menjaga alam Buleleng. Dia mengimbau kepada masyarakat atau komunitas yang ingin melakukan aksi penanaman pohon, agar segera mengajukan proposal bantuan bibit pohon.

“Saya harap masyarakat juga ikut serta menanam pohon. Kalau ada yang sudah berencana, segera buatkan proposal agar saya bisa berikan bibit dalam jumlah yang lebih banyak lagi untuk menghijaukan daerah ini,” imbuh bupati dua periode ini.

Menurut Agus Suradnyana, partisipasi masyarakat untuk menghijaukan alam dengan menanam pohon sangat penting. Semakin banyak masyarakat yang terlibat akan semakin baik untuk kelestarian alam. Terlebih HMPI yang ditetapkan melalui Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008 dan diperingati setiap 28 November, mengisyaratkan One Man One Tree (OMOT) atau satu orang menanam satu pohon. *k23

Komentar