nusabali

Polresta Denpasar Siaga Bencana Alam

  • www.nusabali.com-polresta-denpasar-siaga-bencana-alam

DENPASAR, NusaBali
Kapolresta Denpasar Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan memimpin apel kesiapan sarana prasarana (sarpras) untuk mendukung antisipasi bencana alam, Sabtu (27/11) pagi.

Apel ini untuk mengecek kesiapan personel dan sarpras dalam menghadapi bencana alam yang terjadi selama musim penghujan ini.  Kombes Jansen mengatakan saat ini di beberapa daerah telah terjadi bencana alam, baik akibat curah hujan yang tinggi, angin kencang, gelombang tinggi, dan lainnya. BMKG telah menginfokan bahwa dampak La Nina sudah mulai dirasakan pada November ini. Puncak La Nina diperkirakan pada Desember 2021 hingga Maret 2022.

“Berkaitan dengan hal tersebut perlu kiranya meningkatkan kewaspadaan dengan mengambil langkah-langkah antisipasi dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam terhadap dampak yang dapat ditimbulkan,” ucap Kombes Jansen.

Apel kesiapan, menurut Kombes Jansen, merupakan wujud kesiapsiagaan alat negara yang diberikan kewajiban untuk memberikan perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat dari ancaman bencana alam sesuai tujuan terbentuknya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. “Masyarakat mempunyai hak atas perlindungan dari segala macam ancaman, rintangan, dan gangguan. Negara harus hadir di tengah masyarakat untuk memperoleh haknya,” tegas Kombes Jansen.

Kombes Jansen menekankan beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti jalankan tugas sesuai dengan tupoksi, sarpras ditempatkan pada tempat yang mudah dikeluarkan, laksanakan kegiatan patroli gabungan ke tempat yang tertimpa bencana. “Kepada masyarakat, tingkatkan kewaspadaan. Waspadai hujan deras, angin kencang, tanah longsor, dan lainnya,” tandas Kombes Jansen. *pol

Komentar