nusabali

Menteri Basuki Pastikan Sirkuit Mandalika Siap Gelar MotoGP dan F1

  • www.nusabali.com-menteri-basuki-pastikan-sirkuit-mandalika-siap-gelar-motogp-dan-f1

JAKARTA, NusaBali
Infrastuktur di kawasan Sirkuit Mandalika di Lombok, Tengah Nusa Tenggara Barat (NTB) siap menggelar balapan bertaraf internasional seperti Formula 1 (F1) maupun MotoGP.

Kesiapan Sirkuit Mandalika ini disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

“Setelah menunggu 20 tahun lebih, saat ini kita memiliki sirkuit balap yang bertaraf internasional bahkan dapat dilaksanakan untuk ajang Formula 1 atau F1,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip kompas.com pada Jumat (26/11/2021).

“Kita nantikan pada Maret 2022 dengan akan digelarnya balap motor internasional MotoGP,” sambung Basuki Hadimuljono.

Ajang balap motor prestisius World Superbike atau WSBK 2021 yang digelar pada 19 – 21 November sudah menjadi bukti kesiapan Sirkuit Mandalika.

Basuki menambahkan, ajang balap motor WSBK 2021 di Mandalika tersebut tidak hanya menjadi kebanggaan bagi masyarakat Lombok, namun juga menjadi kebanggaan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Karena itu, dia juga mengapresiasi PT Wijaya Karya (Wika) atas kontribusi besarnya dalam menyukseskan event tersebut.

“Saya juga tak lupa mengucapkan selamat kepada Wika yang telah berkontribusi besar dalam mempersiapkan dan menyukseskan balap motor WSBK 2021 di Mandalika,” tambah Basuki.

PT Wijaya Karya memang turut mendukung dan berkontribusi dalam pelaksanaan ajang balap motor prestisius World Superbike 2021, termasuk yang masih akan bisa dimanfaatkan pada event berikutnya.

Direktur Utama Wika Agung Budi Waskito mengatakan peran Wika Group antara lain membangun hotel bintang lima Pullman Mandalika yang akan beroperasi pada awal 2022 yang saat ini ada 118 kamar sudah dipakai.

Selain itu Wika juga membangun Pit Building serta paddock Sirkuit Mandalika melalui PT Wijaya Karya Bangunan Gedung (Wika Gedung) sebagai anak usaha perseroan.

Wika Gedung memastikan Pit Building Modular di Sirkuit Pertamina Mandalika dapat digunakan tidak hanya untuk balapan motor, namun juga ajang balap mobil Formula 1 atau F1.

Direktur Operasi I Wika Gedung Bagus Tri Setyana, sedari awal Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menyampaikan bahwa Pit Building di Sirkuit Pertamina Mandalika tidak hanya untuk balap motor, namun juga untuk perhelatan balap mobil F1.

Pit Building dengan konstruksi modular yang digunakan di Sirkuit Pertamina Mandalika bersifat sangat fleksibel. Artinya kalau pengguna menginginkan ada perluasan atau perubahan ruang, tinggal dilakukan perubahan tersebut. *

Komentar