nusabali

Pengusaha Kuliner Diminta Buat Satgas Usaha

  • www.nusabali.com-pengusaha-kuliner-diminta-buat-satgas-usaha

MANGUPURA, NusaBali
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Badung meminta para pengusaha kuliner seperti rumah makan maupun restoran menyiapkan satgas usaha.

Masing-masing pengelola diminta menugaskan 1 atau 2 orang yang mengawasi penerapan protokol kesehatan (prokes) bagi pengunjung.


Kasatpol PP Badung I Gusti Agung Ketut Suryanegara, mengatakan pembentukan satgas usaha ini telah disampaikan ke para pengusaha kuliner di Pantai Jimbaran, Kedonganan, Pantai Berawa, dan Canggu. Menurutnya, pemantauan dan pengawasan prokes terhadap pengunjung cukup sulit. Banyak pengunjung beralasan makan atau minum, apalagi duduknya berdekatan dengan alasan mereka satu keluarga atau grup. “Jalan keluarnya keliling patroli untuk mengingatkan kepada pengunjung,” ujar Suryanegara.

Mantan Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Badung itu, mengatakan yang dimaksud dengan satgas usaha, masing-masing pengelola menugaskan 1 atau 2 orang untuk mengawasi penerapan prokes. “Jadi tiap beberapa menit keliling saat ada tamunya, mengingatkan prokes pengunjungnya,” kata Suryanegara.

Cara dini dinilai lebih efektif agar penerapan prokes benar-benar dijalankan, sesuai imbauan dari pemerintah. Dengan demikian, dapat mencegah penyebaran Covid-19.

Sebelumnya, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta mengingatkan masyarakat untuk taat prokes serta mengikuti arahan pemerintah, meski kebijakan PPKM diturunkan ke level 2. “Kami imbau jangan sampai perubahan level ini akan merubah paradigma masyarakat untuk melanggar,” katanya.

Menurut Bupati Giri Prasta, Kabupaten Badung akan menjalankan apapun arahan dari pemerintah pusat. Termasuk terkait rencana kembali menaikkan PPKM ke level 3. “Tugas kami adalah memberikan edukasi serta pemahaman pada masyarakat berkenaan dengan situasi nasional, karena ini bukanlah situasi orang per orang atau pribadi per pribadi,” tegas bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang itu.

Mantan Ketua DPRD Badung itu pun mengajak kepada masyarakat agar tetap menaati prokes secara ketat. “Saya tidak akan bosan dan henti-hentinya untuk mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk selalu menaati prokes guna menghindari penyebaran Covid-19,” tegasnya. *ind

Komentar