nusabali

Dinas Arpusda Gelar Pelatihan Pustakawan SD

  • www.nusabali.com-dinas-arpusda-gelar-pelatihan-pustakawan-sd

SINGARAJA, NusaBali
15 pustakawan jejang SD di Gugus 1, 4 dan 8 Korwil Kecamatan Sukasada, Buleleng, mengikuti diklat penguatan dan peningkatan kapasitas pengelola perpustakaan.

Pelatihan di SDN 3 Sukasada ini berlangsung Jumat (26/11) - Rabu (1/12) mendatang. Kepala Dinas Arpusda Buleleng I Ketut Suweca saat membuka diklat mengapresiasi inisiatif dari Gugus 4 Sukasada yang memfasilitasi diklat. Menurutnya, diklat ini sangat penting walaupun hanya di tataran sekolah.

Dia mengatakan peningkatan kapasitas dan kualitas pustakawan harus dilakukan dari jenjang kecil, seperti sekolah. Pengelolaan perpustakaan harus mengutamakan sistem manajemen perpustakaan. ‘’Bentuknya, menangani buku, mengklasifikasi buku, pemberian pelayanan dan persiapan usulan akreditasi perpustakaan,” ucap Suweca.

Jelasnya, inisiatif Korwil Sukasada ini akan diadopsi Dinas Arpusda Buleleng untuk penguatan pustakawan di satuan pendidikan. Dia mengaku akan berkoordinasi dengan Disdikpora Buleleng, korwil maupun gugus di masing-masing kecamatan. “Kami siap memfasilitasi, silahkan gugus maupun korwil yang ada di kecamatan agar berkoordinasi dengan kami, jika ingin meningkatkan kapasitas dan kualitas pustakawannya. Sehingga proses percepatan, kemajuan dan pengembangan perpustakaan di level SD semakin kompeten,” tutup Suweca. Diklat dihadiri Korwil Sukasada Sukra Jati dan Kepala Sekolah SD 3 Sukasada AA Bintang Marhaeni. *k23

Komentar