nusabali

2022, Klungkung Anggarkan Angkutan Siswa Gratis Rp 4,1 M

  • www.nusabali.com-2022-klungkung-anggarkan-angkutan-siswa-gratis-rp-41-m

SEMARAPURA, NusaBali
Pelayanan angkutan siswa gratis yang dibiayai Pemkab Klungkung akan beroperasi normal pada tahun 2022.

Biaya program ini mencapai Rp 4,1 miliar. "Pelayanan ini kembali jalan, karena sudah mendapatkan alokasi anggaran dalam APBD Klungkung tahun 2022, sebesar Rp 4,1 miliar," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Klungkung I Nyoman Sucitra, saat dihubungi  Jumat (26/11).

Jelas dia, karena anggaran masih terbatas maka pelayanan angkutan ini masih mencakup 5 SMP di Kecamatan Klungkung. 5 SMP di Kecamatan Klungkung yang mendapat pelayanan antar jemput siswa secara gratis tersebut yakni SMPN 1 Semarapura, SMPN 2 Semarapura, SMPN 3 Semarapura, SMPN 4 Semarapura, dan MTs Hasanudin. Jumlah siswa yang dilayani 1.500 orang dengan 110 armada.

Sucitra menambahkan, angkutan ini sempat tertunda operasi selama 2 tahun karena pandemi Covid-19. Namun, karena sisa anggaran terbatas akibat refocusing, maka pelayanan angkutan ini tahun 2021 hanya bisa berjalan selama 14 hari. "Karena situasi masih pandemi Covid-19 maka pelayanan angkutan siswa gratis ini tetap menetapkan protokol kesehatan (prokes), yakni menjaga jarak, memakai masker, dan lainnya," ujar Sucitra.

Dia menyebutkan, karena keterbatasan anggaran maka rencana penambahan cakupan pelayanan angkutan siswa gratis di dua kecamatan, Kecamatan Banjarangkan dan Dawan, belum bisa dilakukan pada 2022. Rencananya, pelayanan di Kecamatan Dawan, mencakup SMPN 1 Dawan, SMPN 2 Dawan, dan SMPN 3 Dawan. Siswa yang dilayani 700 orang, menggunakan 35 armada (2 kali layanan). Anggaran untuk Kecamatan Banjarangkan Rp 3,5 miliar, dan Kecamatan Dawan Rp 3,5 miliar. *wan

Komentar