nusabali

5 Pasien Covid-19 Masih Dirawat di RSD Mangusada

  • www.nusabali.com-5-pasien-covid-19-masih-dirawat-di-rsd-mangusada

Sebagian besar bed kini dialihkan untuk pelayanan umum atau layanan non Covid-19.

MANGUPURA, NusaBali

Sebanyak 5 pasien positif Covid-19 masih menjalani perawatan intensif di RSD Mangusada, Kabupaten Badung. Rumah sakit milik pemerintah itu mengklaim kasus positif cenderung menurun. Kendati begitu sebagai antisipasi adanya lonjakan kasus, tetap disiapkan 30 bed khusus penanganan pasien Covid-19.

Pelaksana Tugas (Plt) Dirut RSD Mangusada dr Ketut Japa, mengatakan pasien positif Covid-19 yang dirawat kini sudah jauh berkurang. Berbeda dengan saat peningkatan kasus, ketersediaan bed hingga penuh. Menurutnya, dalam dua pekan terakhir hanya 5 orang pasien Covid-19 yang dirawat.

“Semoga terus menurun dan tidak ada lonjakan lagi. Tapi bila ada lonjakan, tentu kami melakukan upaya-upaya untuk mengantisipasi hal tersebut terkait perawatan di rumah sakit,” kata dr Japa, Jumat (26/11).

Saat ini walaupun jumlah pasien Covid-19 jauh turun, namun sebagai antisipasi pihak rumah sakit tetap menyediakan 30 bed. “Kami tetap mengantisipasi dengan menyiapkan 30 bed untuk perawatan Covid-19. Meskipun kasus sudah menurun. Dulunya sampai menyiapkan 115 bed, saat kasus sedang naik-naiknya,” jelas dr Japa.

Untuk sisa bed yang dulunya dipakai perawatan Covid-19, kini dialihkan untuk pelayanan umum atau layanan non Covid-19. Bilamana terjadi lonjakan kasus lagi, lanjut dr Japa, maka bed akan difungsikan kembali untuk perawatan pasien Covid-19. “Kami sistemnya buka tutup. Jadi kalau kasus menurun, sebagian bed akan kita ubah untuk layanan umum. Kalau kasus covid naik lagi, maka kami memfungsikannya kembali menjadi ruang perawatan Covid-19,” katanya sembari menambahkan dengan semakin berkurangnya pasien Covid-19, maka kebutuhan oksigen juga berkurang.

Menanggapi kembali akan diberlakukannya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), dr Japa menegaskan tetap mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dengan menyiagakan ruang perawatan. Namun, penambahan bed nantinya akan berdasarkan kondisi terkini.

Mengingat pandemi Covid-19 belum dinyatakan berakhir, dr Japa pun mengimbau masyarakat agar jangan kendor menerapkan protokol kesehatan (prokes) seperti memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilitas keluar rumah jika tidak penting. “Kami tentu tidak ingin seperti kasus di luar negeri yang mengalami lonjakan lagi. Meskipun capaian vaksinasi sudah tinggi. Untuk itu jangan kendor menerapkan prokes,” imbaunya.

Sementara itu, berdasarkan data yang dihimpun dari Satgas Covid-19 Kabupaten Badung, per Kamis (25/11,) hanya ada penambahan kasus baru sebanyak 3 orang, sehingga secara kumulatif tercatat sebanyak 20.859 kasus. Selain adanya penambahan kasus baru, pasien yang sembuh juga bertambah satu orang, sehingga total jumlah pasien yang sembuh dari Covid-19 sebanyak 20.177 orang. Untuk kasus meninggal sebanyak 650 orang meninggal. *ind

Komentar